Tugas Silabus



SILABUS
Nama Sekolah                         : SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1 JAKARTA
Mata Pelajaran                        : Memahami Prinsip Pembuatan Master (V4)
Bidang Studi Keahlian           : Teknologi dan Rekayasa
Kelas/Semester                        : X/ Genap (2)
Kompetensi Inti I Sikap Religius, KD jujur, semangat dan bersyukur kepada ALLAH S.W.T
Kompetensi Inti  II Sikap Sosial, KD kreatif, mandiri, kerja keras, inovatif, rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin.  
Kompetensu Inti III Sikap Pengetahuan, KD Menjelaskan fungsi mastering.
Alokasi Waktu                        : 2  45 Menit ( 6  pertemuan )
Kompetensi Inti III
Indikator
Materi pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
TM
PS
PI
Sumber
1.      Menjelaskan Fungsi Mastering
1.      Siswa kelas X TAV 1 dan 2 mampu  mengidentifikasikan fungsi studio dan rekaman   dengan metode E-learning  dengan KKM 75
Menjelaskan Fungsi Mastering ,Seperti :
1. Rekaman Live
2. Rekaman Tracking


Mendeskripsikan Fungsi dari Mastering.
1.   Rekaman live
2.   Rekaman tracking

1.      Pre-test
2.      PostTest
3.      Latihan Soal
4.      Tugas
1
0
0
1.   Buku modul mastering
2.   Buku rekaman dan Hi-Fi.
3.   Buku tape recording
4.   Buku pengantar ilmu akustik
5.   Internet.

2        Siswa kelas X TAV 1 dan 2 mampu menyebutkan Tahapan-Tahapan dalam Pembuatan Mastering  menggunakan  metode E-learning dengan KKM 75
Ø Menyebutkan tahapan-tahapan dalam proses mastering, seperti :
1.   Penentuan Konsep.
2.   Rekaman (tracking)
3.   Mixing
4.   Pre-mastering
Mastering
Ø Mendeskripsikan tahapan-tahapan proses  mastering.
1.   Penentuan Konsep.
2.   Rekaman (tracking)
3.   Mixing
4.   Pre-mastering
Mastering
1.      Pre-test
2.      PostTest
3.      Latihan Soal
4.      Tugas



1.   Buku modul mastering
2.   Buku rekaman dan Hi-Fi.
3.   Buku tape recording
4.   Buku pengantar ilmu akustik
 Internet

KEPALA  SEKOLAH
GURU PENYUSUN



YAN FAUZI BUDIMAN

SILABUS
Nama Sekolah                         : SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1 JAKARTA
Mata Pelajaran                        : Memahami Prinsip Pembuatan Master (V4)
Bidang Studi Keahlian           : Teknologi dan Rekayasa
Kelas/Semester                        : X/ Genap (2)
Kompetensi Inti I Sikap Religius, KD jujur, semangar dan bersyukur kepada ALLAH S.W.T
Kompetensi Inti  II Sikap Sosial, KD kreatif, mandiri, kerja keras, inovatif, rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin.
Kompetensu Inti III Sikap Pengetahuan, KD Menjelaskan Perbedaan Studio Pembuatan Master dan Rekaman
Alokasi Waktu                        : 2  45 Menit ( 6  pertemuan )
Kompetensi Inti III
Indikator
Materi pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
TM
PS
PI
Sumber
2.      Menjelaskan Perbedaan Studio Pembuatan Master dan Rekaman
1. Siswa Kelas X TAV 1 dan  2 mampu mengidentifikasikan  jenis-jenis studio  Pembuatan Master  menggunakan metode E-learning dengan KKM 75.
  
Ø Jenis-jenis Studio Pembuatan Master dan rekaman, seperti :
1. Recording professional
2. Record label
3. Home recording

Ø Mendeskripsikan Perbedaan Pembuatan Studio Master, Seperti:
1.  Recording profesional
2.  Record label
3.  Home recording


1.      Pre-test
2.      PostTest
3.      Latihan Soal
4.      Tugas (PR)
1
0
0
1.   Buku modul mastering
2.   Buku rekaman dan Hi-Fi.
3.   Buku tape recording
4.   Buku pengantar ilmu akustik
5.   Internet.

1.      Siswa kelas XI TAV 1 dan 2 mampu menyebutkan  studio  pembuatan perekaman secara analog dan perekaman secara digital  mengunakan model E-Learning  dengan KKM 75.
Ø   Perbedaan studio pembuatan  Rekaman, seperti :
1. Rekaman analog 
2. Rekaman digital


Ø Mendeskripsikan Perbedaan pembuatan Studio pembuatan Rekaman. Seperti :
1.   Rekaman analog
2.  Rekaman digital

1.      Pre-test
2.      PostTest
3.      Latihan Soal
4.      Tugas (PR)



1.   Buku modul mastering
2.   Buku rekaman dan Hi-Fi.
3.   Buku tape recording
4.   Buku pengantar ilmu akustik
5.   Internet

KEPALA  SEKOLAH
GURU PENYUSUN



YAN FAUZI BUDIMAN




SILABUS
Nama Sekolah                         : SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1 JAKARTA
Mata Pelajaran                        : Memahami Prinsip Pembuatan Master (V4)
Bidang Studi Keahlian           : Teknologi dan Rekayasa
Kelas/Semester                        : X/ Genap (2)
Kompetensi Inti I Sikap Religius, KD jujur, semangar dan bersyukur kepada ALLAH S.W.T
Kompetensi Inti  II Sikap Sosial, KD kreatif, mandiri, kerja keras, inovatif, rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin.
Kompetensu Inti III Sikap Pengetahuan, KD Mengidentifikasi kebutuhan alat untuk rekaman audio.  
Alokasi Waktu                        : 2  45 Menit ( 6  pertemuan )
Kompetensi Inti III
Indikator
Materi pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
TM
PS
PI
Sumber
3. Mengidentifikasi  Kebutuhan Alat Untuk Rekaman audio

1. Siswa kelas X TAV 1 dan 2 mampu menjelaskan   Peralatan Untuk Rekaman menggunakan model pembelajaran  E-learning dengan KKM 75.
Ø Mendeskripsikan Kebutuhan Alat Untuk Rekaman, Seperti :
1.  Mikropon
2.  Audio Mixer
3.  Audio Reverb
4.  Compressor
5.  Equalizer
6.  Komputer
7.  Sound Card


Ø Mengdeskripsikan  Kebutuhan Alat Untuk Rekaman, Seperti :
1.  Mikropon
2.  Audio Mixer
3.  Audio Reverb
4.  Audio Compressor 
5.  Audio Equalizier 
6.  Komputer
7.  Sound card


1.      Pre-test
2.      PostTest
3.      Latihan Soal
4.      Tugas
2
0
0
1.   Buku modul mastering.
2.   Buku rekaman dan Hi-Fi.
3.   Buku tape recording.
4.   Buku pengantar ilmu akustik
5.   Internet.

2. Siswa kelas X TAV 1 dan 2 Mampu menyebutkan peralatan yang  Rekaman menggunakan model pembelajaran E-Learning dengan KKM 75.
Ø Mendeskripsikan fungsi Alat yang digunakan  Rekaman, Seperti :
1.      Mikropon
2.      Audio Mixer
3.      Audio Reverb
4.      Compressor
5.      Equalizer
6.      Komputer
7.      Sound Card


Ø Mengdeskripsikan  Fungsi  Alat yang digunakan Rekaman, Seperti :
1.      Mikropon
2.      Audio Mixer
3.      Audio Reverb
4.      Audio Compressor
5.      Audio Equalizier
6.      Komputer
7.      Sound card

1.      Pre-test
2.      PostTest
3.      Latihan Soal
4.      Tugas



1.   Buku modul mastering
2.   Buku rekaman dan Hi-Fi.
3.   Buku tape recording
4.   Buku pengantar ilmu akustik
5.   Internet

KEPALA  SEKOLAH
GURU PENYUSUN



YAN FAUZI BUDIMAN




SILABUS
Nama Sekolah                         : SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1 JAKARTA
Mata Pelajaran                        : Memahami Prinsip Pembuatan Master (V4)
Bidang Studi Keahlian           : Teknologi dan Rekayasa
Kelas/Semester                        : X/ Genap (2)
Kompetensi Inti I Sikap Religius, KD jujur, semangar dan bersyukur kepada ALLAH S.W.T
Kompetensi Inti  II Sikap Sosial, KD kreatif, mandiri, kerja keras, inovatif, rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin.
Kompetensu Inti III Sikap Pengetahuan, KD Memahami fungsi alat pendukung perekaman suara.  
Alokasi Waktu                        : 2  45 Menit ( 6  pertemuan )
Kompetensi Inti III
Indikator
Materi pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
TM
PS
PI
Sumber
4. Memahami Fungsi Alat Pendukung Perekaman Suara
1.      Siswa kelas X TAV 1 dan 2 mampu menjelaskan fungsi peralatan pendukung perekaman suara menggunakan metode E-Learning dengan  KKM 75.

Ø Mendeskripsikan  fungsi peralatan  pendukung perekaman Suara, Seperti :
1.  Software mutitracking
2.  Software mastering
3.  Audio Converter 
4.  Speaker Monitor
5.  Pre-amp 
Ø Mendeskripsikan fungsi peralatan  pendukung perekaman suara, seperti :
1.  Software mutitracking 
2.  Software mastering
3.  Audio Converter 
4.  Speaker Monito
5.  Pre-amp 


1.      Pre-test
2.      PostTest
3.      Latihan Soal
4.      Tugas
2
0
0
1.   Buku modul mastering.
2.   Buku rekaman dan Hi-Fi.
3.   Buku tape recording.
4.   Buku pengantar ilmu akustik
5.   Internet.

2.      Siswa kelas X TAV 1 dan 2 mampu  menyebutkan fungsi peralatan pendukung perekaman suara dengan KKM 75.
Ø Mengidentifikasi   fungsi peralatan pendukung perekaman suara, Seperti :
1. Jack
2. Kabel


Ø Mengidentifikasi  fungsi peralatan pendukung perekaman suara, seperti :
1. Jack
2. kabel

1.      Pre-test
2.      PostTest
3.      Latihan Soal
4.      Tugas



1.   Buku modul mastering.
2.   Buku rekaman dan Hi-Fi.
3.   Buku tape recording
4.   Buku pengantar ilmu akustik
5.   Internet

KEPALA  SEKOLAH
GURU PENYUSUN



YAN FAUZI BUDIMAN





SILABUS
Nama Sekolah                         : SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1 JAKARTA
Mata Pelajaran                        : Memahami Prinsip Pembuatan Master (V4)
Bidang Studi Keahlian           : Teknologi dan Rekayasa
Kelas/Semester                        : X/ Genap (2)
Kompetensi Inti I Sikap Religius, KD jujur, semangar dan bersyukur kepada ALLAH S.W.T
Kompetensi Inti  II Sikap Sosial, KD kreatif, mandiri, kerja keras, inovatif, rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin.
Kompetensu Inti III Sikap Pengetahuan, KD Menjelaskan macam dan penempatan micropon pada instrument.  
Alokasi Waktu                        : 2  45 Menit ( 6  pertemuan )
Kompetensi Inti III
Indikator
Materi pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
TM
PS
PI
Sumber
5. Menjelaskan Macam dan Penempatan Mikropon Pada Instrumen
1. Siswa kelas X TAV 1 dan 2 mampu menyebutkan   macam-macam mikropon dengan menggunakan metode E-Learning untuk mencapai KKM 75.
Ø Mendeskripsikan  Macam-macam mikropon  Seperti :
1. Mikropon dinamik
2. Mikropon karbon
3. Mikropon ribbon
4. Mikropon reluktansi variable
5. Mikropon elektret
6. Mikropon pita
7. Mikropon kuparan bergerak
8. Mikropon karbon.

Ø Mendeskripsikan  Macam-macam mikropon  Seperti :
1. Mikropon dinamik
2. Mikropon karbon
3. Mikropon ribbon
4. Mikropon reluktansi variable
5. Mikropon elektret
6. Mikropon pita
7. Mikropon kuparan bergerak
8. Mikropon karbon.

1.      Pre-test
2.      PostTest
3.      Latihan Soal
4.      Tugas (PR)
2
0
0
1.   Buku modul mastering.
2.   Buku rekaman dan Hi-Fi.
3.   Buku tape recording.
4.   Buku pengantar ilmu akustik
5.   Internet.

2. Siswa kelas X TAV 1 dan 2 mampu mengidentifikasikan    macam-macam dan penempatan mikropon pada instrument dengan menggunakan metode E-learning untuk mencapai KKM 75.

Ø Mengdeskripsikan penempatan mikropon pada instrument, seperti:
Ø Omni directional
Ø Bidirectional
Ø Directional
Ø Untuk koor
Ø Untuk vocal
Ø Untuk piano
Ø Untuk amplifier
Ø Untuk drum
Ø Untuk gitar
Ø Untuk saxophone, clarinet dan obo
Ø  untuk wawancara
Untuk Drama

Ø Mengdeskripsikan penempatan mikropon pada instrument, seperti :
Ø Omni directional
Ø Bidirectional
Ø Directional
Ø Untuk koor
Ø Untuk vocal
Ø Untuk piano
Ø Untuk amplifier
Ø Untuk drum
Ø Untuk gitar
Ø Untuk saxophone, clarinet dan obo
Ø  untuk wawancara
Untuk Drama
1.      Pre-test
2.      PostTest
3.      Latihan Soal
4.      Tugas (PR)



1.   Buku modul mastering.
2.   Buku rekaman dan Hi-Fi.
3.   Buku tape recording
4.   Buku pengantar ilmu akustik
5.   Internet

KEPALA  SEKOLAH
GURU PENYUSUN



YAN FAUZI BUDIMAN

SILABUS
Nama Sekolah                         : SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1 JAKARTA
Mata Pelajaran                        : Memahami Prinsip Pembuatan Master (V4)
Bidang Studi Keahlian           : Teknologi dan Rekayasa
Kelas/Semester                        : X/ Genap (2)
Kompetensi Inti I Sikap Religius, KD jujur, semangar dan bersyukur kepada ALLAH S.W.T
Kompetensi Inti  II Sikap Sosial, KD kreatif, mandiri, kerja keras, inovatif, rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin.
Kompetensu Inti III Sikap Pengetahuan, KD Menjelaskan mekanisme perekaman suara.
Alokasi Waktu                        : 2  45 Menit ( 6  pertemuan )
Kompetensi Inti III
Indikator
Materi pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
TM
PS
PI
Sumber
6. Menjelaskan mekanisme perekaman suara
1. Siswa kelas X TAV 1 dan 2 mampu menjelaskan mekanisme dan hasil  perekaman suara menggunakan metode E-Learning untuk mencapai KKM 75.
Ø Mendeskripsikan Mekanisme Perekaman Suara, seperti :
1.      Sumber Suara
2.      Frekuensi
3.      Amplitudo
4.      Mekanisme perekaman Suara
5.      Velocity
6.      Psikologi Suara

Ø Mendeskripsikan Mekanisme Perekaman Suara, seperti :
1.      Sumber Suara
2.      Frekuensi
3.      Amplitudo
4.      Mekanisme perekaman Suara
5.      Velocity
6.      Psikologi Suara

1.      Pre-test
2.      PostTest
3.      Latihan Soal
4.      Tugas (PR)
2
0
0
1.   Buku modul mastering.
2.   Buku rekaman dan Hi-Fi.
3.   Buku tape recording.
4.   Buku pengantar ilmu akustik
5.   Internet.

2. Siswa kelas X TAV 1 dan 2 mampu menyebutkan  mekanisme  dan hasil Perekaman Suara menggunakan metode E-Learning untuk mencapai KKM 75. 

Mendeskripsikan hasil Perekaman Suara, Seperti :
1.      MP3
2.      WMA
3.      PolyPhonic
AAC Dan lain-Lain
Mendeskripsikan hasil Perekaman Suara, Seperti :
1.      MP3
2.      WMA
3.      PolyPhonic
AAC Dan lain-Lain
1.      Pre-test
2.      PostTest
3.      Latihan Soal
4.      Tugas (PR)



1.   Buku modul mastering.
2.   Buku rekaman dan Hi-Fi.
3.   Buku tape recording
4.   Buku pengantar ilmu akustik
5.   Internet

KEPALA  SEKOLAH
GURU PENYUSUN



YAN FAUZI BUDIMAN


Tidak ada komentar:

Posting Komentar