SILABUS
Nama Sekolah :
SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1 JAKARTA
Mata Pelajaran :
Memahami Prinsip Pembuatan Master (V4)
Bidang Studi Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Kelas/Semester :
X/ Genap (2)
Kompetensi Inti I Sikap Religius, KD jujur, semangat
dan bersyukur kepada ALLAH S.W.T
Kompetensi Inti
II Sikap Sosial, KD kreatif, mandiri, kerja keras, inovatif, rasa ingin
tahu, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin.
Kompetensu Inti III Sikap Pengetahuan, KD
Menjelaskan fungsi mastering.
Alokasi Waktu :
2
45 Menit ( 6
pertemuan )
Kompetensi Inti III
|
Indikator
|
Materi pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
TM
|
PS
|
PI
|
Sumber
|
1.
Menjelaskan Fungsi Mastering
|
1.
Siswa kelas X TAV 1 dan 2 mampu mengidentifikasikan fungsi studio dan rekaman
dengan metode E-learning dengan KKM 75
|
Menjelaskan
Fungsi Mastering ,Seperti :
1. Rekaman
Live
2. Rekaman
Tracking
|
Mendeskripsikan
Fungsi dari Mastering.
1. Rekaman
live
2. Rekaman
tracking
|
1.
Pre-test
2.
PostTest
3.
Latihan Soal
4.
Tugas
|
1
|
0
|
0
|
1. Buku
modul mastering
2. Buku
rekaman dan Hi-Fi.
3. Buku
tape recording
4. Buku
pengantar ilmu akustik
5. Internet.
|
2
Siswa kelas X TAV 1 dan 2 mampu menyebutkan
Tahapan-Tahapan dalam Pembuatan Mastering menggunakan metode E-learning dengan KKM 75
|
Ø Menyebutkan
tahapan-tahapan dalam proses mastering, seperti :
1. Penentuan
Konsep.
2. Rekaman
(tracking)
3. Mixing
4. Pre-mastering
Mastering
|
Ø Mendeskripsikan
tahapan-tahapan proses mastering.
1. Penentuan
Konsep.
2. Rekaman
(tracking)
3. Mixing
4. Pre-mastering
Mastering
|
1.
Pre-test
2.
PostTest
3.
Latihan Soal
4.
Tugas
|
1. Buku
modul mastering
2. Buku
rekaman dan Hi-Fi.
3. Buku
tape recording
4. Buku
pengantar ilmu akustik
Internet
|
KEPALA
SEKOLAH
|
GURU PENYUSUN
|
YAN FAUZI BUDIMAN
|
SILABUS
Nama Sekolah :
SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1 JAKARTA
Mata Pelajaran :
Memahami Prinsip Pembuatan Master (V4)
Bidang Studi Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Kelas/Semester :
X/ Genap (2)
Kompetensi Inti I Sikap Religius, KD jujur, semangar
dan bersyukur kepada ALLAH S.W.T
Kompetensi Inti
II Sikap Sosial, KD kreatif, mandiri, kerja keras, inovatif, rasa ingin
tahu, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin.
Kompetensu Inti III Sikap Pengetahuan, KD
Menjelaskan Perbedaan Studio Pembuatan Master dan Rekaman
Alokasi Waktu :
2
45 Menit ( 6
pertemuan )
Kompetensi Inti III
|
Indikator
|
Materi pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
TM
|
PS
|
PI
|
Sumber
|
2.
Menjelaskan Perbedaan Studio Pembuatan Master dan
Rekaman
|
1. Siswa
Kelas X TAV 1 dan 2 mampu
mengidentifikasikan jenis-jenis studio Pembuatan Master menggunakan metode E-learning dengan KKM 75.
|
Ø Jenis-jenis
Studio Pembuatan Master dan rekaman, seperti :
1. Recording
professional
2. Record
label
3. Home
recording
|
Ø Mendeskripsikan
Perbedaan Pembuatan Studio Master, Seperti:
1.
Recording profesional
2.
Record label
3.
Home recording
|
1.
Pre-test
2.
PostTest
3.
Latihan Soal
4.
Tugas (PR)
|
1
|
0
|
0
|
1. Buku
modul mastering
2. Buku
rekaman dan Hi-Fi.
3. Buku
tape recording
4. Buku
pengantar ilmu akustik
5. Internet.
|
1.
Siswa kelas XI TAV 1 dan 2 mampu menyebutkan studio
pembuatan perekaman secara analog dan perekaman secara digital mengunakan model E-Learning dengan KKM 75.
|
Ø Perbedaan studio pembuatan Rekaman, seperti :
1. Rekaman
analog
2. Rekaman
digital
|
Ø Mendeskripsikan
Perbedaan pembuatan Studio pembuatan Rekaman. Seperti :
1.
Rekaman analog
2.
Rekaman digital
|
1.
Pre-test
2.
PostTest
3.
Latihan Soal
4.
Tugas (PR)
|
1. Buku
modul mastering
2. Buku
rekaman dan Hi-Fi.
3. Buku
tape recording
4. Buku
pengantar ilmu akustik
5. Internet
|
KEPALA
SEKOLAH
|
GURU PENYUSUN
|
YAN FAUZI BUDIMAN
|
SILABUS
Nama Sekolah :
SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1 JAKARTA
Mata Pelajaran :
Memahami Prinsip Pembuatan Master (V4)
Bidang Studi Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Kelas/Semester :
X/ Genap (2)
Kompetensi Inti I Sikap Religius, KD jujur, semangar
dan bersyukur kepada ALLAH S.W.T
Kompetensi Inti
II Sikap Sosial, KD kreatif, mandiri, kerja keras, inovatif, rasa ingin
tahu, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin.
Kompetensu Inti III Sikap Pengetahuan, KD Mengidentifikasi
kebutuhan alat untuk rekaman audio.
Alokasi Waktu :
2
45 Menit ( 6
pertemuan )
Kompetensi Inti III
|
Indikator
|
Materi pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
TM
|
PS
|
PI
|
Sumber
|
3. Mengidentifikasi
Kebutuhan Alat Untuk Rekaman audio
|
1. Siswa
kelas X TAV 1 dan 2 mampu menjelaskan Peralatan Untuk Rekaman menggunakan model
pembelajaran E-learning dengan KKM 75.
|
Ø Mendeskripsikan
Kebutuhan Alat Untuk Rekaman, Seperti :
1.
Mikropon
2.
Audio Mixer
3.
Audio Reverb
4.
Compressor
5.
Equalizer
6.
Komputer
7. Sound
Card
|
Ø Mengdeskripsikan Kebutuhan Alat Untuk Rekaman, Seperti :
1. Mikropon
2. Audio
Mixer
3. Audio
Reverb
4. Audio
Compressor
5. Audio
Equalizier
6. Komputer
7. Sound
card
|
1.
Pre-test
2.
PostTest
3.
Latihan Soal
4.
Tugas
|
2
|
0
|
0
|
1.
Buku modul mastering.
2.
Buku rekaman dan Hi-Fi.
3.
Buku tape recording.
4.
Buku pengantar ilmu akustik
5.
Internet.
|
2. Siswa
kelas X TAV 1 dan 2 Mampu menyebutkan peralatan yang Rekaman menggunakan model pembelajaran
E-Learning dengan KKM 75.
|
Ø Mendeskripsikan
fungsi Alat yang digunakan Rekaman,
Seperti :
1.
Mikropon
2.
Audio Mixer
3.
Audio Reverb
4.
Compressor
5.
Equalizer
6.
Komputer
7.
Sound Card
|
Ø Mengdeskripsikan
Fungsi Alat yang digunakan Rekaman, Seperti :
1. Mikropon
2. Audio
Mixer
3. Audio
Reverb
4. Audio
Compressor
5. Audio
Equalizier
6. Komputer
7. Sound
card
|
1.
Pre-test
2.
PostTest
3.
Latihan Soal
4.
Tugas
|
1.
Buku modul mastering
2.
Buku rekaman dan Hi-Fi.
3.
Buku tape recording
4.
Buku pengantar ilmu akustik
5.
Internet
|
KEPALA
SEKOLAH
|
GURU PENYUSUN
|
YAN FAUZI BUDIMAN
|
SILABUS
Nama Sekolah :
SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1 JAKARTA
Mata Pelajaran :
Memahami Prinsip Pembuatan Master (V4)
Bidang Studi Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Kelas/Semester :
X/ Genap (2)
Kompetensi Inti I Sikap Religius, KD jujur, semangar
dan bersyukur kepada ALLAH S.W.T
Kompetensi Inti
II Sikap Sosial, KD kreatif, mandiri, kerja keras, inovatif, rasa ingin
tahu, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin.
Kompetensu Inti III Sikap Pengetahuan, KD Memahami
fungsi alat pendukung perekaman suara.
Alokasi Waktu :
2
45 Menit ( 6
pertemuan )
Kompetensi Inti III
|
Indikator
|
Materi pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
TM
|
PS
|
PI
|
Sumber
|
4.
Memahami Fungsi Alat Pendukung Perekaman Suara
|
1.
Siswa kelas X TAV 1 dan 2 mampu
menjelaskan fungsi peralatan pendukung perekaman suara menggunakan metode
E-Learning dengan KKM 75.
|
Ø Mendeskripsikan
fungsi peralatan pendukung perekaman Suara, Seperti :
1. Software
mutitracking
2. Software
mastering
3. Audio
Converter
4. Speaker
Monitor
5. Pre-amp
|
Ø Mendeskripsikan
fungsi peralatan pendukung perekaman
suara, seperti :
1. Software
mutitracking
2. Software
mastering
3. Audio
Converter
4. Speaker
Monito
5. Pre-amp
|
1.
Pre-test
2.
PostTest
3.
Latihan Soal
4.
Tugas
|
2
|
0
|
0
|
1.
Buku modul mastering.
2.
Buku rekaman dan Hi-Fi.
3.
Buku tape recording.
4.
Buku pengantar ilmu akustik
5.
Internet.
|
2.
Siswa kelas X TAV 1 dan 2 mampu menyebutkan fungsi peralatan pendukung perekaman
suara dengan KKM 75.
|
Ø Mengidentifikasi fungsi peralatan pendukung perekaman suara,
Seperti :
1. Jack
2. Kabel
|
Ø Mengidentifikasi
fungsi peralatan pendukung perekaman
suara, seperti :
1. Jack
2. kabel
|
1.
Pre-test
2.
PostTest
3.
Latihan Soal
4.
Tugas
|
1.
Buku modul mastering.
2.
Buku rekaman dan Hi-Fi.
3.
Buku tape recording
4.
Buku pengantar ilmu akustik
5.
Internet
|
KEPALA
SEKOLAH
|
GURU PENYUSUN
|
YAN FAUZI BUDIMAN
|
SILABUS
Nama Sekolah :
SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1 JAKARTA
Mata Pelajaran :
Memahami Prinsip Pembuatan Master (V4)
Bidang Studi Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Kelas/Semester :
X/ Genap (2)
Kompetensi Inti I Sikap Religius, KD jujur, semangar
dan bersyukur kepada ALLAH S.W.T
Kompetensi Inti
II Sikap Sosial, KD kreatif, mandiri, kerja keras, inovatif, rasa ingin
tahu, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin.
Kompetensu Inti III Sikap Pengetahuan, KD
Menjelaskan macam dan penempatan micropon pada instrument.
Alokasi Waktu :
2
45 Menit ( 6
pertemuan )
Kompetensi Inti III
|
Indikator
|
Materi pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
TM
|
PS
|
PI
|
Sumber
|
5. Menjelaskan Macam
dan Penempatan Mikropon Pada Instrumen
|
1. Siswa
kelas X TAV 1 dan 2 mampu menyebutkan macam-macam mikropon dengan menggunakan
metode E-Learning untuk mencapai KKM 75.
|
Ø Mendeskripsikan Macam-macam mikropon Seperti :
1.
Mikropon dinamik
2.
Mikropon karbon
3.
Mikropon ribbon
4.
Mikropon reluktansi variable
5.
Mikropon elektret
6.
Mikropon pita
7.
Mikropon kuparan bergerak
8.
Mikropon karbon.
|
Ø Mendeskripsikan Macam-macam mikropon Seperti :
1.
Mikropon dinamik
2.
Mikropon karbon
3.
Mikropon ribbon
4.
Mikropon reluktansi variable
5.
Mikropon elektret
6.
Mikropon pita
7.
Mikropon kuparan bergerak
8.
Mikropon karbon.
|
1.
Pre-test
2.
PostTest
3.
Latihan Soal
4.
Tugas (PR)
|
2
|
0
|
0
|
1.
Buku modul mastering.
2.
Buku rekaman dan Hi-Fi.
3.
Buku tape recording.
4.
Buku pengantar ilmu akustik
5.
Internet.
|
2. Siswa
kelas X TAV 1 dan 2 mampu mengidentifikasikan macam-macam dan penempatan mikropon pada
instrument dengan menggunakan metode E-learning untuk mencapai KKM 75.
|
Ø Mengdeskripsikan
penempatan mikropon pada instrument, seperti:
Ø Omni
directional
Ø Bidirectional
Ø Directional
Ø Untuk
koor
Ø Untuk
vocal
Ø Untuk
piano
Ø Untuk
amplifier
Ø Untuk
drum
Ø Untuk
gitar
Ø Untuk
saxophone, clarinet dan obo
Ø untuk wawancara
Untuk Drama
|
Ø Mengdeskripsikan
penempatan mikropon pada instrument, seperti :
Ø Omni
directional
Ø Bidirectional
Ø Directional
Ø Untuk
koor
Ø Untuk
vocal
Ø Untuk
piano
Ø Untuk
amplifier
Ø Untuk
drum
Ø Untuk
gitar
Ø Untuk
saxophone, clarinet dan obo
Ø untuk wawancara
Untuk Drama
|
1.
Pre-test
2.
PostTest
3.
Latihan Soal
4.
Tugas (PR)
|
1.
Buku modul mastering.
2.
Buku rekaman dan Hi-Fi.
3.
Buku tape recording
4.
Buku pengantar ilmu akustik
5.
Internet
|
KEPALA
SEKOLAH
|
GURU PENYUSUN
|
YAN FAUZI BUDIMAN
|
SILABUS
Nama Sekolah :
SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1 JAKARTA
Mata Pelajaran :
Memahami Prinsip Pembuatan Master (V4)
Bidang Studi Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Kelas/Semester :
X/ Genap (2)
Kompetensi Inti I Sikap Religius, KD jujur, semangar
dan bersyukur kepada ALLAH S.W.T
Kompetensi Inti
II Sikap Sosial, KD kreatif, mandiri, kerja keras, inovatif, rasa ingin
tahu, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin.
Kompetensu Inti III Sikap Pengetahuan, KD
Menjelaskan mekanisme perekaman suara.
Alokasi Waktu :
2
45 Menit ( 6
pertemuan )
Kompetensi Inti III
|
Indikator
|
Materi pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
TM
|
PS
|
PI
|
Sumber
|
6. Menjelaskan mekanisme perekaman suara
|
1. Siswa
kelas X TAV 1 dan 2 mampu menjelaskan mekanisme dan hasil perekaman suara menggunakan metode
E-Learning untuk mencapai KKM 75.
|
Ø Mendeskripsikan
Mekanisme Perekaman Suara, seperti :
1.
Sumber Suara
2.
Frekuensi
3.
Amplitudo
4.
Mekanisme perekaman Suara
5.
Velocity
6.
Psikologi Suara
|
Ø Mendeskripsikan
Mekanisme Perekaman Suara, seperti :
1.
Sumber Suara
2.
Frekuensi
3.
Amplitudo
4.
Mekanisme perekaman Suara
5.
Velocity
6.
Psikologi Suara
|
1.
Pre-test
2.
PostTest
3.
Latihan Soal
4.
Tugas (PR)
|
2
|
0
|
0
|
1.
Buku modul mastering.
2.
Buku rekaman dan Hi-Fi.
3.
Buku tape recording.
4.
Buku pengantar ilmu akustik
5.
Internet.
|
2. Siswa kelas X TAV 1
dan 2 mampu menyebutkan mekanisme dan hasil Perekaman Suara menggunakan
metode E-Learning untuk mencapai KKM 75.
|
Mendeskripsikan
hasil Perekaman Suara, Seperti :
1. MP3
2. WMA
3. PolyPhonic
AAC Dan
lain-Lain
|
Mendeskripsikan
hasil Perekaman Suara, Seperti :
1. MP3
2. WMA
3. PolyPhonic
AAC Dan
lain-Lain
|
1.
Pre-test
2.
PostTest
3.
Latihan Soal
4.
Tugas (PR)
|
1.
Buku modul mastering.
2.
Buku rekaman dan Hi-Fi.
3.
Buku tape recording
4.
Buku pengantar ilmu akustik
5.
Internet
|
KEPALA
SEKOLAH
|
GURU PENYUSUN
|
YAN FAUZI BUDIMAN
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar