KD DAN KI SMK



Kompetensi Dasar Kelompok Mata Pelajaran Dasar Bidang Kejuruan Pada Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan
3.1. Kompetensi Dasar Fisika KELAS: X
KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR
1.  Menghayati dan
1.1
Menambah keimanan dengan menyadari
mengamalkan ajaran

hubungan keteraturan dan kompleksitas
agama yang dianutnya

alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya

1.2
Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
2.  Menghayati dan
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
Mengamalkan perilaku

rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti;
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli

cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktifdan

peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari­hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
menunjukan sikap sebagai
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok
bagian dari solusi atas

dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
berbagai permasalahan

implementasi melaksanakan percobaan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

dan melaporkan hasil percobaan
3.  Memahami, menerapkan dan menganalisis
3.1
Memahami konsep besaran pokok, besaran turunan, dan satuan.
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
3.2
3.3
Menerapkan prinsip penjumlahan vektor Memahami konsep gerak benda titik
berdasarkan rasa ingin

melalui besaran-besaran fisika yang
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,

terkait


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
seni, budaya, dan
3.4 Menerapkan konsep gerak lurus dengan
humaniora dalam wawasan
kecepatan tetap dan gerak lurus dengan
kemanusiaan,
percepatan tetap
kebangsaan, kenegaraan,
3.5 Memahami gerak melingkar dengan laju
dan peradaban terkait
tetap dan gerak melingkar dengan
penyebab fenomena dan
percepatan sudut tetap
kejadian dalam bidang
3.6 Menerapkan hukum Newton dan konsep
kerja yang spesifik untuk
gaya
memecahkan masalah.


3.7 Menerapkan konsep usaha, energi dan daya

3.8 Memahami hukum kekekalan energi

3.9 Memahami konsep impuls dan hukum kekekalan momentum

3. 10 Menganalisis gerak translasi dan rotasi

3.11 Menerapkan konsep kesetimbangan benda tegar

3. 12 Menerapkan konsep elastisitas bahan

3. 13 Menerapkan hukum Hooke

3. 14 Menerapkan hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik

3.15 Menerapkan konsep suhu dan kalor

3. 16 Memahami pengaruh kalor terhadap zat

3. 17 Memahami sifat–sifat gas ideal dan persamaan keadaan gas

3.  18 Menerapkan hukum-hukum termodinamika
4. Mengolah, menalar, dan
4.1 Menyajihasilpengukuranbesaranfisismeng
menyaji dalam ranah
gunakanalatukurdanteknik yang tepat
konkret dan ranah abstrak
4.2 Menyajihasilpengamatanterhadapgerakbe
terkait dengan
ndakedalamgrafik
pengembangan dari yang
4.3 Menganalisis
dipelajarinya di sekolah
geraklurusberubahberaturan
secara mandiri, dan
menggunakan hukum Newton
mampu melaksanakan
4.4 Menyaji hasil percobaan menggunakan
tugas spesifik di bawah
konsep usaha, energidandaya
pengawasan langsung.
4.5 Menganalisis hubunganimpulsdan
momentum dalamperhitungan

4.6 Menyaji hasil analisis gerak benda berdasarkan konsep translasidanrotasi

4.7 Memecahkan masalah kesetimbanganbendategar

4.8 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tumbukan

4.9 Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menentukan elastisitas bahan

4.  10 Memecahkan persoalan dalam teknologi dan rekayasa yang berkaitan dengan hukum-hukumfluidastatikdandinamik.


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR

4.11 Mengolah hasil penyelidikan yang
berkaitandengansuhudankalor
4. 12 Menyaji hasil penyelidikan mengenai caraperpindahankalor
4.13 Melakukanperhitunganberbagai proses
berdasarkanhukumtermodinamika

KELAS: XI
KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR
1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1 Menambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena kelistrikan, kemagnetan, optika, dan gelombang
2.   Menghayati dan
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
mengamalkan perilaku

rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti;
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli

cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktifdan

peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari­hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
menunjukan sikap sebagai
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok
bagian dari solusi atas

dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
berbagai permasalahan

implementasi melaksanakan percobaan
dalam berinteraksi secara

dan melaporkan hasil percobaan
efektif dengan lingkungan


sosial dan alam serta


dalam menempatkan diri


sebagai cerminan bangsa


dalam pergaulan dunia.


3.   Memahami, menerapkan, dan menganalisis
3.1
Memahami konsep dan prinsip getaran dan gerak harmonik sederhana
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
3.2
3.3
Menerapkan konsep dan prinsip energi dalam gerak harmonik sederhana
Memahami konsep dan prinsip–prinsip
berdasarkan rasa ingin

gejala gelombang
tahunya tentang ilmu


pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
3.4
Menganalisis perbedaan jenis-jenis gelombang
humaniora dalam wawasan
3.5
Memahami konsep listrik statis
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
3.6
dandinamis
Menerapkan konsep listrik statis
dan peradaban terkait
3.7
Menerapkan hukum kelistrikan arus
penyebab fenomena dan

searah
kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
3.8
Memahami gejala kemagnetan


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
memecahkan masalah.
3.9 Menerapkan hukum-hukum kemagnetan dengan melakukan perhitungan
sederhana

3.10 Menerapkan hukum kelistrikan arus bolak-balik

3.11 Menganalisis hubungan antara tegangan, hambatan, dan kuat arus pada rangkaian listrik arus searah

3.12 Menganalisis hubungan antara tegangan, impedansi, dan kuat arus pada listrik bolak-balik

3.13 Memahami ciri–ciri cermin dan lensa

3.14 Menerapkan konsep alat–alat optik dalam teknologi dan rekayasa

3.15 Memahami konsep radiasi benda hitam

3.16 Memahami teori relativitas khusus

Einstein dan penerapannya secara kualitatif

3.17 Memahami gejala-gejala fisis yang
mendorong timbulnya konsep-konsep kuantum secara kualitatif
4. Mengolah, menalar, dan
4.1              Menyajikan hasil penyelidikan fenomena
menyaji dalam ranah
gelombang (interferensi, resonansi, efek
konkret dan ranah abstrak
doppler, dan/atau gelombang kejut)
terkait dengan
4.2             Mengolah informasi yang berkaitan
pengembangan dari yang
dengan listrik statis dan dinamis
dipelajarinya di sekolah
4.3 Memecahkan masalah teknologi dan
secara mandiri, bertindak
rekayasa yang berkaitan dengan daya dan
secara efektif dan kreatif,
energi listrikarussearah
dan mampu melaksanakan

tugas spesifik di bawah
4.4 Merencanakan dan melaksanakan
pengawasan langsung.
percobaan yang berkaitan dengan konsep kemagnetan dan elektromagnet

4.5               Menyajikan hasil analisis yang berkaitan
dengan daya dan energi listrikarusbolak­balik

4.6 Mengolah informasi yang berkaitan dengan hukum pemantulan dan pembiasancahaya

4.7 Merencanakan pembuatan alat–alat optik sederhana dengan menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada cermin dan lensa

4.8 Menyajikan gagasan mengenai konsep fisika modern dan radioaktivitas dalam teknologi dan rekayasa

3.2. Kompetensi Dasar Kimia KELAS: X
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1 Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2 Menyadari keteraturan dalam semua interaksi persenyawaan kimia sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME
1.3 Menyadari keberadaan energi yang tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan oleh manusia sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME
2.  Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktifdan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2 Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3 Menunjukkan perilaku responsif dan pro­aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
3.  Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1 Memahami peran kimia dalam kehidupan
3.2 Menganalisis struktur atom berdasarkan
model atom Bohr dan teori atom modern
3.3 Menganalisis hubungan konfigurasi elektron untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik
3.4 Memahami proses pembentukan ikatan
ion, ikatan kovalen,dan ikatan logam serta interaksi antar partikel (atom, ion, molekul) materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi.
3.5 Menganalisis sifat larutan elektrolit dan larutan non-elektrolit berdasarkan daya hantar listriknya.
3.6 menganalisis perkembangan konsep reaksi oksidasi- reduksi serta
menentukan bilangan oksidasi atom dalam molekul atau ion.


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR

3.7 Menerapkan aturan IUPAC untuk penamaan senyawa anorganik dan organik sederhana.

3.8 Menerapkan konsep massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.

3.9 Memahami gejala atau proses yang terjadi dalam contoh sel volta yang digunakan dalam kehidupan.

3. 10 Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi dan mengajukan ide/gagasan untuk mengatasinya.

3.11 Memahami gejala atau proses yang terjadi dalam contoh sel elektrolisis yang digunakan dalam kehidupan.
4. Mengolah, menalar, dan
4.1 Mengevaluasi berbagai peran kimia
menyaji dalam ranah
dalam kehidupan.
konkret dan ranah abstrak
4.2 Menalar terjadinya kasus-kasus
terkait dengan
pembentukan senyawa dengan
pengembangan dari yang
menggunakan konsep atom
dipelajarinya di sekolah
4.3 Mengevaluasi hubungan konfigurasi
secara mandiri, dan
elektron dengan letak unsur dalam tabel
mampu melaksanakan
periodik
tugas spesifik di bawah
4.4 Mengklasifikasi ikatan kimia dan ikatan
pengawasan langsung.
ion berdasarkan sifat fisis senyawa, dan proses pembentukannya

4.5 Membuktikan sifat-sifat larutan elektrolit dan larutan non elektrolit

4.6 Membuktikan peristiwa       reaksi reduksi
oksidasi

4.7 Menalar aturan IUPAC untuk penamaan senyawa anorganik dan organik
sederhana.

4.8 Mengolah data terkait konsep massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.

4.9 Menggunakan sel volta untuk memecahkan kasus-kasus kehidupan.

4. 10 Membuktikan proses terjadinya korosi untuk mengatasi masalah korosi

4.11 Membuktikan proses terjadinya sel elektrolisis.

KELAS: XI
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1 Menyadari adanya keteraturan dari sifat
hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan, koloid, senyawa karbon dan polimer sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif
manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2 Mensyukuri kekayaan alam Indonesia berupa minyak bumi, batubara dan gas alam sebagai anugerah Tuhan YME dan dapat digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
2.   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktifdan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2 Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli
lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3 Menunjukkan perilaku responsif dan pro­aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
3.   Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1 Menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan kekhasan atom karbon dan penggolongan senyawanya
3.2 Memahami proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya
3.3 Memahami dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya.
3.4 Membedakan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm berdasarkan hasil percobaan dan diagram tingkat energi.
3.5 Memahami AH reaksi berdasarkan hukum Hess
3.6 Memahami teori tumbukan (tabrakan)
untuk menjelaskan reaksi kimia.
3.7 Menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR

3.8 Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan yang diterapkan dalam industri.

3.9 Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam basa dan/atau pH larutan.

3. 10 Menganalisis peran koloid dalam
kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya

3.11 Menganalisis struktur, tata nama, sifat
dan kegunaan senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat)

3. 12 Menganalisis struktur, tata nama, sifat dan penggolongan polimer
4. Mengolah, menalar, dan
4.1 Mengklasifikasi senyawa hidrokarbon
menyaji dalam ranah
berdasarkan struktur, sifat senyawa , dan
konkret dan ranah abstrak
kekhasan atom karbon
terkait dengan
4.2 Membuktikan proses pembentukan dan
pengembangan dari yang
pemisahan fraksi-fraksi minyak
dipelajarinya di sekolah
4.3 Menyusun rencana penyehatan
secara mandiri, bertindak
lingkungan akibat pembakaran senyawa
secara efektif dan kreatif,
hidrokarbon di suatu daerah
dan mampu melaksanakan

tugas spesifik di bawah
4.4 Membuktikan proses terjadinya reaksi
pengawasan langsung.
eksoterm dan reaksi endoterm

4.5 Menggunakan Hukum Hess untuk
menghitung AH suatu reaksi

4.6 Mengevaluasi terjadinya reaksi kimia dengan menggunakan teori tumbukan

(tabrakan)

4.7 Membuktikan proses laju reaksi dari berbagai factor yang mempengaruhinya

4.8 Membuktikan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan yang diterapkan dalam industri.

4.9 Mengukur derajat keasaman larutan

4.10 Membuat larutan koloid

4.11 Mengklasifikasi berbagai senyawa karbon

(halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat) berdasarkan sifat-sifatnya

4.12 Memilih bahan polimer berdasarkan sifat-sifatnya.

3.3. Kompetensi Dasar Gambar Teknik KELAS: X
KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR
1.  Menghayati dan
1.1
Menyadari sempurnanya konsep Tuhan
mengamalkan ajaran

tentang benda-benda dengan
agama yang dianutnya

fenomenanya untuk dipergunakan
sebagai aturan garis-garis gambar teknik dan cara proyeksi untuk menggambarkan benda

1.2
Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam pembuatan gambar konstruksi geometris dan gambar proyeksi untuk menggambarkan benda
2. Menghayati dan Mengamalkan perilaku
2.1
Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli

tanggung jawab dalam menerapkan aturan garis gambar dalam tugas
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktifdan menunjukan sikap sebagai
2.2
menggambar konstruksi garis dan gambar proyeksi
Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam
bagian dari solusi atas

menyelesaikan masalah perbedaan
berbagai permasalahan

konsep berpikir dan cara menggambar
dalam berinteraksi secara

konstruksi geometris dan gambar
efektif dengan lingkungan

proyeksi
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
2.3
Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif
cerminan bangsa dalam

dengan lingkungan sosial sebagai bagian
pergaulan dunia.

dari solusi atas berbagai permasalahan dalam melakukan tugas menggambar konstruksi geometris dan gambar proyeksi
3.  Memahami, menerapkan
3.1
Memilih peralatan dan kelengkapan
dan menganalisis

gambar teknik berdasarkan fungsi dan
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
3.2
cara penggunaan
Membedakan garis-garis gambar teknik
berdasarkan rasa ingin

berdasarkan bentuk dan fungsi garis
tahunya tentang ilmu
3.3
Mengklarifikasi huruf, angka dan etiket
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan

gambar teknik sesuai prosedur dan aturan penerapan
humaniora dalam wawasan
3.4
Mengelompokkan gambar konstruksi
kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban

geometris berdasarkan bentuk konstruksi sesuai prosedur
terkait penyebab fenomena
3.5
Mengintegrasikan persyaratan gambar
dan kejadian dalam bidang

proyeksi piktorial (3D) berdasarkan
kerja yang spesifik untuk

aturan gambar proyeksi
memecahkan masalah.
3.6
Mengintegrasikan persyaratan gambar proyeksi orthogonal (2D) berdasarkan aturan gambar proyeksi
4.  Mengolah, menalar, dan
4.1
Menggunakan peralatan dan kelengkapan
menyaji dalam ranah

gambar teknik sesuai fungsi dan prosedur penggunaan


KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR
konkret dan ranah abstrak
4.2
Menyajikan garis-garis gambar teknik
terkait dengan

sesuai bentuk dan fungsi garis
pengembangan dari yang
4.3
Merancang huruf, angka dan etiket
dipelajarinya di sekolah

gambar teknik sesuai prosedur dan
secara mandiri, dan

aturan penerapan
mampu melaksanakan
4.4
Menyajikan gambar konstruksi geometris
tugas spesifik di bawah

berdasarkan bentuk konstruksi sesuai
pengawasan langsung.

prosedur

4.5
Menyajikan gambar benda 3D secara gambar sketsa dan gambar rapi, sesuai aturan proyeksi piktorial

4.6
Menyajikan gambar benda 2D secara gambar sketsa dan gambar rapi, sesuai aturan proyeksi orthogonal

KELAS: XI
KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR
1.   Menghayati dan
1.1
Menyadari sempurnanya konsep Tuhan
mengamalkan ajaran

tentang benda-benda dengan
agama yang dianutnya

fenomenanya untuk dipergunakan sebagai aturan pemotongan gambar benda teknik dan penempatan ukuran pada gambar teknik.

1.2
Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam pembuatan gambar potongan dan penempatan ukuran benda pada gambar teknik .
2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku
2.1
Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli

tanggung jawab dalam menerapkan aturan pemotongan dan penempatan
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktifdan
2.2
ukuran dalam gambar teknik
Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam
menunjukan sikap sebagai

menyelesaikan masalah perbedaan
bagian dari solusi atas

konsep berpikir dan cara melakukan
berbagai permasalahan

pemotongan dan penempatan ukuran
dalam berinteraksi secara

dalam gambar teknik .
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
2.3
Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif
dalam menempatkan diri

dengan lingkungan sosial sebagai bagian
sebagai cerminan bangsa

dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam pergaulan dunia.

dalam melakukan tugas menggambar potongan dan penempatan ukuran pada gambar teknik.
3.  Memahami, menerapkan, dan menganalisis
3.1
Menggunakan aturan tanda pemotongan dan letak hasil gambar potongan sesuai
pengetahuan faktual,

konsep dan prosedur gambar potongan
konseptual, prosedural,


dan metakognitif


berdasarkan rasa ingin




KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
tahunya tentang ilmu
3.2 Memprediksi penerapan jenis gambar
pengetahuan, teknologi,
potongan berdasarkan jenis potongan
seni, budaya, dan
sesuai aturan potongan dalam satu
humaniora dalam wawasan
bidang, lebih dari satu bidang, setengah,
kemanusiaan,
setempat, diputar, berurutan, dan
kebangsaan, kenegaraan,
potongan melintang
dan peradaban terkait
3.3 Mengkonsep penyajian bidang benda yang
penyebab fenomena dan
tidak boleh dipotong sesuai prinsip
kejadian dalam bidang
gambar teknik
kerja yang spesifik untuk
3.4 Menggunakan aturan tanda ukuran dan
memecahkan masalah.
peletakan ukuran gambar berdasarkan komponen Garis ukuran, Garis bantu ukuran, Batas ukuran, Angka dan simbol ukuran

3.5 Memprediksi dasar pembuatan ukuran sesuai bagian yang berfungsi dan pandangan utama gambar

3.6 Mengkonsep sistem pemberian ukuran
berantai, sejajar, kombinasi, berimpit, koordinat, dan ukuran khusus berdasarkan posisi, referensi dan kebutuhan ukuran langkah pengerjaan benda.
4. Mengolah, menalar, dan
4.1 Menyajikan gambar potongan sesuai
menyaji dalam ranah
tanda pemotongan dan aturan tata letak
konkret dan ranah abstrak
hasil gambar potongan.
terkait dengan
4.2 Menalar penerapan jenis gambar
pengembangan dari yang
potongan berdasarkan jenis potongan
dipelajarinya di sekolah
sesuai aturan potongan dalam satu
secara mandiri, bertindak
bidang, lebih dari satu bidang, setengah,
secara efektif dan kreatif,
setempat, diputar, berurutan, dan
dan mampu melaksanakan
potongan melintang
tugas spesifik di bawah
4.3 Menyajikan bidang benda yang tidak
pengawasan langsung.
boleh dipotong sesuai prinsip gambar teknik

4.4 Menyajikan komponen garis ukuran, garis bantu ukuran, batas ukuran, angka dan simbol ukuran sesuai aturan tanda ukuran dan peletakan ukuran gambar teknik.

4.5 Menalar penerapan dasar pembuatan ukuran sesuai bagian yang berfungsi dan pandangan utama gambar teknik.

4.6 Mengolah penerapan sistem pemberian ukuran berantai, sejajar, kombinasi, berimpit, koordinat, dan ukuran khusus berdasarkan posisi, referensi dan kebutuhan ukuran langkah pengerjaan benda.

2. Kompetensi Dasar Kelompok Mata Pelajaran Dasar Bidang Kejuruan Pada Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan
3.1. Kompetensi Dasar Fisika KELAS: X
KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR
3.  Menghayati dan
1.1
Menambah keimanan dengan menyadari
mengamalkan ajaran

hubungan keteraturan dan kompleksitas
agama yang dianutnya

alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya

1.2
Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
4.  Menghayati dan
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
Mengamalkan perilaku

rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti;
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli

cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktifdan

peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari­hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
menunjukan sikap sebagai
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok
bagian dari solusi atas

dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
berbagai permasalahan

implementasi melaksanakan percobaan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

dan melaporkan hasil percobaan
4.  Memahami, menerapkan dan menganalisis
3.1
Memahami konsep besaran pokok, besaran turunan, dan satuan.
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
3.2
3.3
Menerapkan prinsip penjumlahan vektor Memahami konsep gerak benda titik
berdasarkan rasa ingin

melalui besaran-besaran fisika yang
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,

terkait


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
seni, budaya, dan
3.4 Menerapkan konsep gerak lurus dengan
humaniora dalam wawasan
kecepatan tetap dan gerak lurus dengan
kemanusiaan,
percepatan tetap
kebangsaan, kenegaraan,
3.5 Memahami gerak melingkar dengan laju
dan peradaban terkait
tetap dan gerak melingkar dengan
penyebab fenomena dan
percepatan sudut tetap
kejadian dalam bidang
3.6 Menerapkan hukum Newton dan konsep
kerja yang spesifik untuk
gaya
memecahkan masalah.


3.7 Menerapkan konsep usaha, energi dan daya

3.8 Memahami hukum kekekalan energi

3.9 Memahami konsep impuls dan hukum kekekalan momentum

3. 10 Menganalisis gerak translasi dan rotasi

3.11 Menerapkan konsep kesetimbangan benda tegar

3. 12 Menerapkan konsep elastisitas bahan

3. 13 Menerapkan hukum Hooke

3. 14 Menerapkan hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik

3.15 Menerapkan konsep suhu dan kalor

3. 16 Memahami pengaruh kalor terhadap zat

3. 17 Memahami sifat–sifat gas ideal dan persamaan keadaan gas

4.  18 Menerapkan hukum-hukum termodinamika
4. Mengolah, menalar, dan
4.1 Menyajihasilpengukuranbesaranfisismeng
menyaji dalam ranah
gunakanalatukurdanteknik yang tepat
konkret dan ranah abstrak
4.2 Menyajihasilpengamatanterhadapgerakbe
terkait dengan
ndakedalamgrafik
pengembangan dari yang
4.3 Menganalisis
dipelajarinya di sekolah
geraklurusberubahberaturan
secara mandiri, dan
menggunakan hukum Newton
mampu melaksanakan
4.4 Menyaji hasil percobaan menggunakan
tugas spesifik di bawah
konsep usaha, energidandaya
pengawasan langsung.
4.5 Menganalisis hubunganimpulsdan
momentum dalamperhitungan

4.6 Menyaji hasil analisis gerak benda berdasarkan konsep translasidanrotasi

4.7 Memecahkan masalah kesetimbanganbendategar

4.8 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tumbukan

4.9 Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menentukan elastisitas bahan

5.  10 Memecahkan persoalan dalam teknologi dan rekayasa yang berkaitan dengan hukum-hukumfluidastatikdandinamik.


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR

4.11 Mengolah hasil penyelidikan yang
berkaitandengansuhudankalor
4. 12 Menyaji hasil penyelidikan mengenai caraperpindahankalor
4.13 Melakukanperhitunganberbagai proses
berdasarkanhukumtermodinamika

KELAS: XI
KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR
4.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1 Menambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena kelistrikan, kemagnetan, optika, dan gelombang
5.   Menghayati dan
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
mengamalkan perilaku

rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti;
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli

cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktifdan

peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari­hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
menunjukan sikap sebagai
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok
bagian dari solusi atas

dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
berbagai permasalahan

implementasi melaksanakan percobaan
dalam berinteraksi secara

dan melaporkan hasil percobaan
efektif dengan lingkungan


sosial dan alam serta


dalam menempatkan diri


sebagai cerminan bangsa


dalam pergaulan dunia.


6.   Memahami, menerapkan, dan menganalisis
3.1
Memahami konsep dan prinsip getaran dan gerak harmonik sederhana
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
3.2
3.3
Menerapkan konsep dan prinsip energi dalam gerak harmonik sederhana
Memahami konsep dan prinsip–prinsip
berdasarkan rasa ingin

gejala gelombang
tahunya tentang ilmu


pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
3.4
Menganalisis perbedaan jenis-jenis gelombang
humaniora dalam wawasan
3.5
Memahami konsep listrik statis
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
3.6
dandinamis
Menerapkan konsep listrik statis
dan peradaban terkait
3.7
Menerapkan hukum kelistrikan arus
penyebab fenomena dan

searah
kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
3.8
Memahami gejala kemagnetan


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
memecahkan masalah.
3.9 Menerapkan hukum-hukum kemagnetan dengan melakukan perhitungan
sederhana

3.10 Menerapkan hukum kelistrikan arus bolak-balik

3.11 Menganalisis hubungan antara tegangan, hambatan, dan kuat arus pada rangkaian listrik arus searah

3.12 Menganalisis hubungan antara tegangan, impedansi, dan kuat arus pada listrik bolak-balik

3.13 Memahami ciri–ciri cermin dan lensa

3.14 Menerapkan konsep alat–alat optik dalam teknologi dan rekayasa

3.15 Memahami konsep radiasi benda hitam

3.16 Memahami teori relativitas khusus

Einstein dan penerapannya secara kualitatif

3.17 Memahami gejala-gejala fisis yang
mendorong timbulnya konsep-konsep kuantum secara kualitatif
4. Mengolah, menalar, dan
4.1              Menyajikan hasil penyelidikan fenomena
menyaji dalam ranah
gelombang (interferensi, resonansi, efek
konkret dan ranah abstrak
doppler, dan/atau gelombang kejut)
terkait dengan
4.2             Mengolah informasi yang berkaitan
pengembangan dari yang
dengan listrik statis dan dinamis
dipelajarinya di sekolah
4.3 Memecahkan masalah teknologi dan
secara mandiri, bertindak
rekayasa yang berkaitan dengan daya dan
secara efektif dan kreatif,
energi listrikarussearah
dan mampu melaksanakan

tugas spesifik di bawah
4.4 Merencanakan dan melaksanakan
pengawasan langsung.
percobaan yang berkaitan dengan konsep kemagnetan dan elektromagnet

4.5               Menyajikan hasil analisis yang berkaitan
dengan daya dan energi listrikarusbolak­balik

4.6 Mengolah informasi yang berkaitan dengan hukum pemantulan dan pembiasancahaya

4.7 Merencanakan pembuatan alat–alat optik sederhana dengan menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada cermin dan lensa

4.8 Menyajikan gagasan mengenai konsep fisika modern dan radioaktivitas dalam teknologi dan rekayasa

3.2. Kompetensi Dasar Kimia KELAS: X
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
4.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1 Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2 Menyadari keteraturan dalam semua interaksi persenyawaan kimia sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME
1.3 Menyadari keberadaan energi yang tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan oleh manusia sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME
5.  Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktifdan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2 Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3 Menunjukkan perilaku responsif dan pro­aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
6.  Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1 Memahami peran kimia dalam kehidupan
3.2 Menganalisis struktur atom berdasarkan
model atom Bohr dan teori atom modern
3.3 Menganalisis hubungan konfigurasi elektron untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik
3.4 Memahami proses pembentukan ikatan
ion, ikatan kovalen,dan ikatan logam serta interaksi antar partikel (atom, ion, molekul) materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi.
3.5 Menganalisis sifat larutan elektrolit dan larutan non-elektrolit berdasarkan daya hantar listriknya.
3.6 menganalisis perkembangan konsep reaksi oksidasi- reduksi serta
menentukan bilangan oksidasi atom dalam molekul atau ion.


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR

3.7 Menerapkan aturan IUPAC untuk penamaan senyawa anorganik dan organik sederhana.

3.8 Menerapkan konsep massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.

3.9 Memahami gejala atau proses yang terjadi dalam contoh sel volta yang digunakan dalam kehidupan.

5. 10 Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi dan mengajukan ide/gagasan untuk mengatasinya.

3.11 Memahami gejala atau proses yang terjadi dalam contoh sel elektrolisis yang digunakan dalam kehidupan.
4. Mengolah, menalar, dan
4.1 Mengevaluasi berbagai peran kimia
menyaji dalam ranah
dalam kehidupan.
konkret dan ranah abstrak
4.2 Menalar terjadinya kasus-kasus
terkait dengan
pembentukan senyawa dengan
pengembangan dari yang
menggunakan konsep atom
dipelajarinya di sekolah
4.3 Mengevaluasi hubungan konfigurasi
secara mandiri, dan
elektron dengan letak unsur dalam tabel
mampu melaksanakan
periodik
tugas spesifik di bawah
4.4 Mengklasifikasi ikatan kimia dan ikatan
pengawasan langsung.
ion berdasarkan sifat fisis senyawa, dan proses pembentukannya

4.5 Membuktikan sifat-sifat larutan elektrolit dan larutan non elektrolit

4.6 Membuktikan peristiwa       reaksi reduksi
oksidasi

4.7 Menalar aturan IUPAC untuk penamaan senyawa anorganik dan organik
sederhana.

4.8 Mengolah data terkait konsep massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.

4.9 Menggunakan sel volta untuk memecahkan kasus-kasus kehidupan.

6. 10 Membuktikan proses terjadinya korosi untuk mengatasi masalah korosi

4.11 Membuktikan proses terjadinya sel elektrolisis.

KELAS: XI
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
4.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1 Menyadari adanya keteraturan dari sifat
hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan, koloid, senyawa karbon dan polimer sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif
manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2 Mensyukuri kekayaan alam Indonesia berupa minyak bumi, batubara dan gas alam sebagai anugerah Tuhan YME dan dapat digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
5.   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktifdan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2 Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli
lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3 Menunjukkan perilaku responsif dan pro­aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
6.   Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1 Menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan kekhasan atom karbon dan penggolongan senyawanya
3.2 Memahami proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya
3.3 Memahami dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya.
3.4 Membedakan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm berdasarkan hasil percobaan dan diagram tingkat energi.
3.5 Memahami AH reaksi berdasarkan hukum Hess
3.6 Memahami teori tumbukan (tabrakan)
untuk menjelaskan reaksi kimia.
3.7 Menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR

3.8 Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan yang diterapkan dalam industri.

3.9 Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam basa dan/atau pH larutan.

3. 10 Menganalisis peran koloid dalam
kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya

3.11 Menganalisis struktur, tata nama, sifat
dan kegunaan senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat)

3. 12 Menganalisis struktur, tata nama, sifat dan penggolongan polimer
4. Mengolah, menalar, dan
4.1 Mengklasifikasi senyawa hidrokarbon
menyaji dalam ranah
berdasarkan struktur, sifat senyawa , dan
konkret dan ranah abstrak
kekhasan atom karbon
terkait dengan
4.2 Membuktikan proses pembentukan dan
pengembangan dari yang
pemisahan fraksi-fraksi minyak
dipelajarinya di sekolah
4.3 Menyusun rencana penyehatan
secara mandiri, bertindak
lingkungan akibat pembakaran senyawa
secara efektif dan kreatif,
hidrokarbon di suatu daerah
dan mampu melaksanakan

tugas spesifik di bawah
4.4 Membuktikan proses terjadinya reaksi
pengawasan langsung.
eksoterm dan reaksi endoterm

4.5 Menggunakan Hukum Hess untuk
menghitung AH suatu reaksi

4.6 Mengevaluasi terjadinya reaksi kimia dengan menggunakan teori tumbukan

(tabrakan)

4.7 Membuktikan proses laju reaksi dari berbagai factor yang mempengaruhinya

4.8 Membuktikan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan yang diterapkan dalam industri.

4.9 Mengukur derajat keasaman larutan

4.10 Membuat larutan koloid

4.11 Mengklasifikasi berbagai senyawa karbon

(halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat) berdasarkan sifat-sifatnya

4.12 Memilih bahan polimer berdasarkan sifat-sifatnya.

3.3. Kompetensi Dasar Gambar Teknik KELAS: X
KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR
3.  Menghayati dan
1.1
Menyadari sempurnanya konsep Tuhan
mengamalkan ajaran

tentang benda-benda dengan
agama yang dianutnya

fenomenanya untuk dipergunakan
sebagai aturan garis-garis gambar teknik dan cara proyeksi untuk menggambarkan benda

1.2
Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam pembuatan gambar konstruksi geometris dan gambar proyeksi untuk menggambarkan benda
4. Menghayati dan Mengamalkan perilaku
2.1
Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli

tanggung jawab dalam menerapkan aturan garis gambar dalam tugas
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktifdan menunjukan sikap sebagai
2.2
menggambar konstruksi garis dan gambar proyeksi
Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam
bagian dari solusi atas

menyelesaikan masalah perbedaan
berbagai permasalahan

konsep berpikir dan cara menggambar
dalam berinteraksi secara

konstruksi geometris dan gambar
efektif dengan lingkungan

proyeksi
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
2.3
Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif
cerminan bangsa dalam

dengan lingkungan sosial sebagai bagian
pergaulan dunia.

dari solusi atas berbagai permasalahan dalam melakukan tugas menggambar konstruksi geometris dan gambar proyeksi
5.  Memahami, menerapkan
3.1
Memilih peralatan dan kelengkapan
dan menganalisis

gambar teknik berdasarkan fungsi dan
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
3.2
cara penggunaan
Membedakan garis-garis gambar teknik
berdasarkan rasa ingin

berdasarkan bentuk dan fungsi garis
tahunya tentang ilmu
3.3
Mengklarifikasi huruf, angka dan etiket
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan

gambar teknik sesuai prosedur dan aturan penerapan
humaniora dalam wawasan
3.4
Mengelompokkan gambar konstruksi
kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban

geometris berdasarkan bentuk konstruksi sesuai prosedur
terkait penyebab fenomena
3.5
Mengintegrasikan persyaratan gambar
dan kejadian dalam bidang

proyeksi piktorial (3D) berdasarkan
kerja yang spesifik untuk

aturan gambar proyeksi
memecahkan masalah.
3.6
Mengintegrasikan persyaratan gambar proyeksi orthogonal (2D) berdasarkan aturan gambar proyeksi
6.  Mengolah, menalar, dan
4.1
Menggunakan peralatan dan kelengkapan
menyaji dalam ranah

gambar teknik sesuai fungsi dan prosedur penggunaan


KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR
konkret dan ranah abstrak
4.2
Menyajikan garis-garis gambar teknik
terkait dengan

sesuai bentuk dan fungsi garis
pengembangan dari yang
4.3
Merancang huruf, angka dan etiket
dipelajarinya di sekolah

gambar teknik sesuai prosedur dan
secara mandiri, dan

aturan penerapan
mampu melaksanakan
4.4
Menyajikan gambar konstruksi geometris
tugas spesifik di bawah

berdasarkan bentuk konstruksi sesuai
pengawasan langsung.

prosedur

4.5
Menyajikan gambar benda 3D secara gambar sketsa dan gambar rapi, sesuai aturan proyeksi piktorial

4.6
Menyajikan gambar benda 2D secara gambar sketsa dan gambar rapi, sesuai aturan proyeksi orthogonal

KELAS: XI
KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR
4.   Menghayati dan
1.1
Menyadari sempurnanya konsep Tuhan
mengamalkan ajaran

tentang benda-benda dengan
agama yang dianutnya

fenomenanya untuk dipergunakan sebagai aturan pemotongan gambar benda teknik dan penempatan ukuran pada gambar teknik.

1.2
Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam pembuatan gambar potongan dan penempatan ukuran benda pada gambar teknik .
5.  Menghayati dan mengamalkan perilaku
2.1
Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli

tanggung jawab dalam menerapkan aturan pemotongan dan penempatan
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktifdan
2.2
ukuran dalam gambar teknik
Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam
menunjukan sikap sebagai

menyelesaikan masalah perbedaan
bagian dari solusi atas

konsep berpikir dan cara melakukan
berbagai permasalahan

pemotongan dan penempatan ukuran
dalam berinteraksi secara

dalam gambar teknik .
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
2.3
Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif
dalam menempatkan diri

dengan lingkungan sosial sebagai bagian
sebagai cerminan bangsa

dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam pergaulan dunia.

dalam melakukan tugas menggambar potongan dan penempatan ukuran pada gambar teknik.
6.  Memahami, menerapkan, dan menganalisis
3.1
Menggunakan aturan tanda pemotongan dan letak hasil gambar potongan sesuai
pengetahuan faktual,

konsep dan prosedur gambar potongan
konseptual, prosedural,


dan metakognitif


berdasarkan rasa ingin




KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
tahunya tentang ilmu
3.2 Memprediksi penerapan jenis gambar
pengetahuan, teknologi,
potongan berdasarkan jenis potongan
seni, budaya, dan
sesuai aturan potongan dalam satu
humaniora dalam wawasan
bidang, lebih dari satu bidang, setengah,
kemanusiaan,
setempat, diputar, berurutan, dan
kebangsaan, kenegaraan,
potongan melintang
dan peradaban terkait
3.3 Mengkonsep penyajian bidang benda yang
penyebab fenomena dan
tidak boleh dipotong sesuai prinsip
kejadian dalam bidang
gambar teknik
kerja yang spesifik untuk
3.4 Menggunakan aturan tanda ukuran dan
memecahkan masalah.
peletakan ukuran gambar berdasarkan komponen Garis ukuran, Garis bantu ukuran, Batas ukuran, Angka dan simbol ukuran

3.5 Memprediksi dasar pembuatan ukuran sesuai bagian yang berfungsi dan pandangan utama gambar

3.6 Mengkonsep sistem pemberian ukuran
berantai, sejajar, kombinasi, berimpit, koordinat, dan ukuran khusus berdasarkan posisi, referensi dan kebutuhan ukuran langkah pengerjaan benda.
4. Mengolah, menalar, dan
4.1 Menyajikan gambar potongan sesuai
menyaji dalam ranah
tanda pemotongan dan aturan tata letak
konkret dan ranah abstrak
hasil gambar potongan.
terkait dengan
4.2 Menalar penerapan jenis gambar
pengembangan dari yang
potongan berdasarkan jenis potongan
dipelajarinya di sekolah
sesuai aturan potongan dalam satu
secara mandiri, bertindak
bidang, lebih dari satu bidang, setengah,
secara efektif dan kreatif,
setempat, diputar, berurutan, dan
dan mampu melaksanakan
potongan melintang
tugas spesifik di bawah
4.3 Menyajikan bidang benda yang tidak
pengawasan langsung.
boleh dipotong sesuai prinsip gambar teknik

4.4 Menyajikan komponen garis ukuran, garis bantu ukuran, batas ukuran, angka dan simbol ukuran sesuai aturan tanda ukuran dan peletakan ukuran gambar teknik.

4.5 Menalar penerapan dasar pembuatan ukuran sesuai bagian yang berfungsi dan pandangan utama gambar teknik.

4.6 Mengolah penerapan sistem pemberian ukuran berantai, sejajar, kombinasi, berimpit, koordinat, dan ukuran khusus berdasarkan posisi, referensi dan kebutuhan ukuran langkah pengerjaan benda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar