Kompetensi
Dasar Kelompok Mata Pelajaran Dasar Bidang Kejuruan Pada Bidang Keahlian
Teknologi dan Rekayasa Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah
Kejuruan
3.1. Kompetensi Dasar Fisika KELAS: X
KOMPETENSI
INTI
|
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghayati
dan
|
1.1
|
Menambah keimanan dengan
menyadari
|
mengamalkan ajaran
|
|
hubungan keteraturan dan
kompleksitas
|
agama yang dianutnya
|
|
alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
|
|
1.2
|
Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
|
2. Menghayati
dan
|
2.1
|
Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki
|
Mengamalkan perilaku
|
|
rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti;
|
jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli
|
|
cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
|
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktifdan
|
|
peduli lingkungan) dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
|
menunjukan sikap sebagai
|
2.2
|
Menghargai kerja individu
dan kelompok
|
bagian dari solusi atas
|
|
dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud
|
berbagai permasalahan
|
|
implementasi melaksanakan
percobaan
|
dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
|
dan melaporkan hasil
percobaan
|
3. Memahami, menerapkan dan
menganalisis
|
3.1
|
Memahami konsep besaran pokok, besaran turunan, dan satuan.
|
pengetahuan faktual, konseptual,
dan prosedural
|
3.2
3.3 |
Menerapkan prinsip penjumlahan vektor Memahami konsep gerak
benda titik
|
berdasarkan rasa ingin
|
|
melalui besaran-besaran
fisika yang
|
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
|
|
terkait
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
seni, budaya, dan
|
3.4 Menerapkan konsep gerak
lurus dengan
|
humaniora dalam wawasan
|
kecepatan tetap dan gerak
lurus dengan
|
kemanusiaan,
|
percepatan tetap
|
kebangsaan, kenegaraan,
|
3.5 Memahami gerak melingkar
dengan laju
|
dan peradaban terkait
|
tetap dan gerak melingkar
dengan
|
penyebab fenomena dan
|
percepatan sudut tetap
|
kejadian dalam bidang
|
3.6 Menerapkan hukum Newton
dan konsep
|
kerja yang spesifik untuk
|
gaya
|
memecahkan masalah.
|
|
|
3.7 Menerapkan konsep usaha,
energi dan daya
|
|
3.8 Memahami hukum kekekalan
energi
|
|
3.9 Memahami konsep impuls dan hukum kekekalan momentum
|
|
3. 10 Menganalisis gerak
translasi dan rotasi
|
|
3.11 Menerapkan konsep kesetimbangan benda tegar
|
|
3. 12 Menerapkan konsep
elastisitas bahan
|
|
3. 13 Menerapkan hukum Hooke
|
|
3. 14 Menerapkan hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik
|
|
3.15 Menerapkan konsep suhu
dan kalor
|
|
3. 16 Memahami pengaruh kalor
terhadap zat
|
|
3. 17 Memahami sifat–sifat gas ideal dan persamaan
keadaan gas
|
|
3. 18 Menerapkan hukum-hukum termodinamika
|
4.
Mengolah, menalar, dan
|
4.1
Menyajihasilpengukuranbesaranfisismeng
|
menyaji dalam ranah
|
gunakanalatukurdanteknik
yang tepat
|
konkret dan ranah abstrak
|
4.2
Menyajihasilpengamatanterhadapgerakbe
|
terkait dengan
|
ndakedalamgrafik
|
pengembangan dari yang
|
4.3 Menganalisis
|
dipelajarinya di sekolah
|
geraklurusberubahberaturan
|
secara mandiri, dan
|
menggunakan hukum Newton
|
mampu melaksanakan
|
4.4 Menyaji hasil percobaan
menggunakan
|
tugas spesifik di bawah
|
konsep usaha, energidandaya
|
pengawasan langsung.
|
4.5 Menganalisis hubunganimpulsdan
momentum dalamperhitungan |
|
4.6 Menyaji hasil analisis gerak benda berdasarkan konsep translasidanrotasi
|
|
4.7 Memecahkan masalah kesetimbanganbendategar
|
|
4.8 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tumbukan
|
|
4.9 Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menentukan elastisitas bahan
|
|
4. 10 Memecahkan persoalan dalam teknologi dan rekayasa yang berkaitan dengan hukum-hukumfluidastatikdandinamik.
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
4.11 Mengolah hasil penyelidikan yang
berkaitandengansuhudankalor
4. 12 Menyaji hasil penyelidikan mengenai caraperpindahankalor
4.13 Melakukanperhitunganberbagai proses
berdasarkanhukumtermodinamika |
KELAS: XI
KOMPETENSI
INTI
|
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena kelistrikan, kemagnetan, optika, dan gelombang
|
|
2. Menghayati
dan
|
2.1
|
Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki
|
mengamalkan perilaku
|
|
rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti;
|
jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli
|
|
cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
|
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktifdan
|
|
peduli lingkungan) dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
|
menunjukan sikap sebagai
|
2.2
|
Menghargai kerja individu dan
kelompok
|
bagian dari solusi atas
|
|
dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud
|
berbagai permasalahan
|
|
implementasi melaksanakan
percobaan
|
dalam berinteraksi secara
|
|
dan melaporkan hasil
percobaan
|
efektif dengan lingkungan
|
|
|
sosial dan alam serta
|
|
|
dalam menempatkan diri
|
|
|
sebagai cerminan bangsa
|
|
|
dalam pergaulan dunia.
|
|
|
3. Memahami, menerapkan, dan
menganalisis
|
3.1
|
Memahami konsep dan prinsip getaran dan gerak harmonik sederhana
|
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif
|
3.2
3.3 |
Menerapkan konsep dan prinsip energi dalam gerak harmonik sederhana
Memahami konsep dan prinsip–prinsip
|
berdasarkan rasa ingin
|
|
gejala gelombang
|
tahunya tentang ilmu
|
|
|
pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan
|
3.4
|
Menganalisis perbedaan jenis-jenis gelombang
|
humaniora dalam wawasan
|
3.5
|
Memahami konsep listrik
statis
|
kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan,
|
3.6
|
dandinamis
Menerapkan konsep listrik statis
|
dan peradaban terkait
|
3.7
|
Menerapkan hukum kelistrikan
arus
|
penyebab fenomena dan
|
|
searah
|
kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
|
3.8
|
Memahami gejala kemagnetan
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
memecahkan masalah.
|
3.9 Menerapkan hukum-hukum kemagnetan dengan melakukan perhitungan
sederhana
|
|
3.10 Menerapkan hukum kelistrikan arus bolak-balik
|
|
3.11 Menganalisis hubungan
antara tegangan, hambatan, dan kuat arus pada
rangkaian listrik arus searah
|
|
3.12 Menganalisis hubungan antara tegangan, impedansi, dan kuat arus pada listrik bolak-balik
|
|
3.13 Memahami ciri–ciri
cermin dan lensa
|
|
3.14 Menerapkan konsep alat–alat optik dalam teknologi dan rekayasa
|
|
3.15 Memahami konsep radiasi
benda hitam
|
|
3.16 Memahami teori
relativitas khusus
|
|
Einstein dan penerapannya secara kualitatif
|
|
3.17 Memahami gejala-gejala fisis yang
mendorong timbulnya konsep-konsep kuantum secara kualitatif
|
4.
Mengolah, menalar, dan
|
4.1 Menyajikan hasil
penyelidikan fenomena
|
menyaji dalam ranah
|
gelombang (interferensi,
resonansi, efek
|
konkret dan ranah abstrak
|
doppler, dan/atau gelombang
kejut)
|
terkait dengan
|
4.2 Mengolah informasi
yang berkaitan
|
pengembangan dari yang
|
dengan listrik statis dan
dinamis
|
dipelajarinya di sekolah
|
4.3 Memecahkan masalah
teknologi dan
|
secara mandiri, bertindak
|
rekayasa yang berkaitan
dengan daya dan
|
secara efektif dan kreatif,
|
energi listrikarussearah
|
dan mampu melaksanakan
|
|
tugas spesifik di bawah
|
4.4 Merencanakan dan
melaksanakan
|
pengawasan langsung.
|
percobaan yang berkaitan dengan konsep kemagnetan dan elektromagnet
|
|
4.5 Menyajikan
hasil analisis yang berkaitan
dengan daya dan energi listrikarusbolakbalik
|
|
4.6 Mengolah informasi yang berkaitan dengan hukum pemantulan dan pembiasancahaya
|
|
4.7 Merencanakan pembuatan alat–alat optik sederhana dengan menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada cermin dan lensa
|
|
4.8 Menyajikan gagasan
mengenai konsep fisika modern dan
radioaktivitas dalam teknologi dan rekayasa
|
3.2. Kompetensi Dasar Kimia KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel
materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia
yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2 Menyadari keteraturan
dalam semua interaksi persenyawaan kimia sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME
1.3 Menyadari keberadaan energi yang tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan oleh manusia sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME
|
2. Menghayati dan Mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktifdan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif)
dalam merancang dan melakukan percobaan serta
berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2 Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
2.3 Menunjukkan perilaku responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
3. Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3.1 Memahami peran kimia dalam kehidupan
3.2 Menganalisis struktur atom berdasarkan model atom Bohr dan teori atom modern
3.3 Menganalisis hubungan konfigurasi elektron untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik
3.4 Memahami proses pembentukan ikatan
ion, ikatan kovalen,dan ikatan logam serta interaksi antar partikel (atom, ion, molekul) materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi.
3.5 Menganalisis sifat
larutan elektrolit dan larutan non-elektrolit
berdasarkan daya hantar listriknya.
3.6 menganalisis perkembangan konsep reaksi oksidasi- reduksi serta
menentukan bilangan oksidasi atom dalam molekul atau ion.
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
3.7 Menerapkan aturan IUPAC
untuk penamaan senyawa anorganik dan organik sederhana.
|
|
3.8 Menerapkan konsep massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.
|
|
3.9 Memahami gejala atau proses yang terjadi dalam contoh sel volta yang digunakan dalam kehidupan.
|
|
3. 10 Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi dan mengajukan ide/gagasan untuk mengatasinya.
|
|
3.11 Memahami gejala atau proses yang terjadi dalam contoh sel elektrolisis yang digunakan dalam kehidupan.
|
4.
Mengolah, menalar, dan
|
4.1 Mengevaluasi berbagai
peran kimia
|
menyaji dalam ranah
|
dalam kehidupan.
|
konkret dan ranah abstrak
|
4.2 Menalar terjadinya
kasus-kasus
|
terkait dengan
|
pembentukan senyawa dengan
|
pengembangan dari yang
|
menggunakan konsep atom
|
dipelajarinya di sekolah
|
4.3 Mengevaluasi hubungan
konfigurasi
|
secara mandiri, dan
|
elektron dengan letak unsur
dalam tabel
|
mampu melaksanakan
|
periodik
|
tugas spesifik di bawah
|
4.4 Mengklasifikasi ikatan
kimia dan ikatan
|
pengawasan langsung.
|
ion berdasarkan sifat fisis senyawa, dan proses
pembentukannya
|
|
4.5 Membuktikan sifat-sifat larutan elektrolit dan larutan non elektrolit
|
|
4.6 Membuktikan peristiwa reaksi reduksi
oksidasi
|
|
4.7 Menalar aturan IUPAC untuk penamaan senyawa anorganik dan organik
sederhana.
|
|
4.8 Mengolah data terkait
konsep massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum
dasar kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.
|
|
4.9 Menggunakan sel volta untuk memecahkan kasus-kasus kehidupan.
|
|
4. 10 Membuktikan proses terjadinya korosi untuk mengatasi masalah korosi
|
|
4.11 Membuktikan proses terjadinya sel elektrolisis.
|
KELAS: XI
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menyadari adanya keteraturan dari sifat
hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan, koloid, senyawa karbon dan polimer sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif
manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2 Mensyukuri kekayaan alam Indonesia berupa minyak bumi, batubara dan gas alam sebagai anugerah Tuhan YME dan dapat digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
|
2. Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktifdan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis,
kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2 Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli
lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3 Menunjukkan perilaku responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
3. Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja
yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3.1 Menganalisis struktur
dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan
kekhasan atom karbon dan penggolongan
senyawanya
3.2 Memahami proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya
3.3 Memahami dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara
mengatasinya.
3.4 Membedakan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm berdasarkan hasil percobaan dan diagram tingkat energi.
3.5 Memahami AH reaksi berdasarkan hukum Hess
3.6 Memahami teori tumbukan (tabrakan)
untuk menjelaskan reaksi kimia.
3.7 Menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi |
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
3.8 Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan yang diterapkan dalam industri.
|
|
3.9 Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam basa dan/atau pH larutan.
|
|
3. 10 Menganalisis peran koloid dalam
kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya
|
|
3.11 Menganalisis struktur, tata nama, sifat
dan kegunaan senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat)
|
|
3. 12 Menganalisis struktur, tata nama, sifat dan penggolongan polimer
|
4.
Mengolah, menalar, dan
|
4.1 Mengklasifikasi senyawa
hidrokarbon
|
menyaji dalam ranah
|
berdasarkan struktur, sifat
senyawa , dan
|
konkret dan ranah abstrak
|
kekhasan atom karbon
|
terkait dengan
|
4.2 Membuktikan proses
pembentukan dan
|
pengembangan dari yang
|
pemisahan fraksi-fraksi
minyak
|
dipelajarinya di sekolah
|
4.3 Menyusun rencana
penyehatan
|
secara mandiri, bertindak
|
lingkungan akibat pembakaran
senyawa
|
secara efektif dan kreatif,
|
hidrokarbon di suatu daerah
|
dan mampu melaksanakan
|
|
tugas spesifik di bawah
|
4.4 Membuktikan proses
terjadinya reaksi
|
pengawasan langsung.
|
eksoterm dan reaksi endoterm
|
|
4.5 Menggunakan Hukum Hess untuk
menghitung AH suatu reaksi |
|
4.6 Mengevaluasi terjadinya reaksi kimia dengan menggunakan teori tumbukan
|
|
(tabrakan)
|
|
4.7 Membuktikan proses laju reaksi dari berbagai factor yang mempengaruhinya
|
|
4.8 Membuktikan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan yang diterapkan dalam industri.
|
|
4.9 Mengukur derajat
keasaman larutan
|
|
4.10 Membuat larutan koloid
|
|
4.11 Mengklasifikasi
berbagai senyawa karbon
|
|
(halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat) berdasarkan sifat-sifatnya
|
|
4.12 Memilih bahan polimer berdasarkan sifat-sifatnya.
|
3.3. Kompetensi Dasar Gambar Teknik KELAS: X
KOMPETENSI
INTI
|
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghayati
dan
|
1.1
|
Menyadari sempurnanya konsep
Tuhan
|
mengamalkan ajaran
|
|
tentang benda-benda dengan
|
agama yang dianutnya
|
|
fenomenanya untuk dipergunakan
sebagai aturan garis-garis
gambar teknik dan cara proyeksi untuk menggambarkan benda
|
|
1.2
|
Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam pembuatan gambar konstruksi geometris dan gambar proyeksi untuk menggambarkan benda
|
2. Menghayati dan Mengamalkan
perilaku
|
2.1
|
Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan
|
jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli
|
|
tanggung jawab dalam menerapkan aturan garis gambar dalam tugas
|
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktifdan menunjukan sikap sebagai
|
2.2
|
menggambar konstruksi garis dan gambar proyeksi
Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis,
dalam
|
bagian dari solusi atas
|
|
menyelesaikan masalah
perbedaan
|
berbagai permasalahan
|
|
konsep berpikir dan cara
menggambar
|
dalam berinteraksi secara
|
|
konstruksi geometris dan
gambar
|
efektif dengan lingkungan
|
|
proyeksi
|
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
|
2.3
|
Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif
|
cerminan bangsa dalam
|
|
dengan lingkungan sosial
sebagai bagian
|
pergaulan dunia.
|
|
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam melakukan tugas menggambar konstruksi geometris dan gambar proyeksi
|
3. Memahami,
menerapkan
|
3.1
|
Memilih peralatan dan
kelengkapan
|
dan menganalisis
|
|
gambar teknik berdasarkan
fungsi dan
|
pengetahuan faktual, konseptual,
dan prosedural
|
3.2
|
cara penggunaan
Membedakan garis-garis gambar teknik
|
berdasarkan rasa ingin
|
|
berdasarkan bentuk dan
fungsi garis
|
tahunya tentang ilmu
|
3.3
|
Mengklarifikasi huruf, angka
dan etiket
|
pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan
|
|
gambar teknik sesuai prosedur dan aturan penerapan
|
humaniora dalam wawasan
|
3.4
|
Mengelompokkan gambar
konstruksi
|
kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban |
|
geometris berdasarkan bentuk konstruksi sesuai prosedur
|
terkait penyebab fenomena
|
3.5
|
Mengintegrasikan persyaratan
gambar
|
dan kejadian dalam bidang
|
|
proyeksi piktorial (3D)
berdasarkan
|
kerja yang spesifik untuk
|
|
aturan gambar proyeksi
|
memecahkan masalah.
|
3.6
|
Mengintegrasikan persyaratan gambar proyeksi orthogonal (2D) berdasarkan aturan gambar proyeksi
|
4. Mengolah,
menalar, dan
|
4.1
|
Menggunakan peralatan dan kelengkapan
|
menyaji dalam ranah
|
|
gambar teknik sesuai fungsi dan prosedur penggunaan
|
KOMPETENSI
INTI
|
|
KOMPETENSI
DASAR
|
konkret dan ranah abstrak
|
4.2
|
Menyajikan garis-garis
gambar teknik
|
terkait dengan
|
|
sesuai bentuk dan fungsi
garis
|
pengembangan dari yang
|
4.3
|
Merancang huruf, angka dan
etiket
|
dipelajarinya di sekolah
|
|
gambar teknik sesuai
prosedur dan
|
secara mandiri, dan
|
|
aturan penerapan
|
mampu melaksanakan
|
4.4
|
Menyajikan gambar konstruksi
geometris
|
tugas spesifik di bawah
|
|
berdasarkan bentuk
konstruksi sesuai
|
pengawasan langsung.
|
|
prosedur
|
|
4.5
|
Menyajikan gambar benda 3D secara gambar sketsa dan gambar rapi, sesuai aturan proyeksi piktorial
|
|
4.6
|
Menyajikan gambar benda 2D secara gambar sketsa dan gambar rapi, sesuai aturan proyeksi orthogonal
|
KELAS: XI
KOMPETENSI
INTI
|
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghayati dan
|
1.1
|
Menyadari sempurnanya konsep
Tuhan
|
mengamalkan ajaran
|
|
tentang benda-benda dengan
|
agama yang dianutnya
|
|
fenomenanya untuk dipergunakan sebagai aturan pemotongan
gambar benda teknik dan penempatan ukuran pada gambar teknik.
|
|
1.2
|
Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam pembuatan gambar potongan dan
penempatan ukuran benda pada gambar teknik .
|
2. Menghayati dan mengamalkan
perilaku
|
2.1
|
Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan
|
jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli
|
|
tanggung jawab dalam menerapkan aturan pemotongan dan penempatan
|
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktifdan
|
2.2
|
ukuran dalam gambar teknik
Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam
|
menunjukan sikap sebagai
|
|
menyelesaikan masalah
perbedaan
|
bagian dari solusi atas
|
|
konsep berpikir dan cara
melakukan
|
berbagai permasalahan
|
|
pemotongan dan penempatan
ukuran
|
dalam berinteraksi secara
|
|
dalam gambar teknik .
|
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
|
2.3
|
Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif
|
dalam menempatkan diri
|
|
dengan lingkungan sosial
sebagai bagian
|
sebagai cerminan bangsa
|
|
dari solusi atas berbagai
permasalahan
|
dalam pergaulan dunia.
|
|
dalam melakukan tugas menggambar potongan dan penempatan ukuran pada gambar teknik.
|
3. Memahami, menerapkan, dan
menganalisis
|
3.1
|
Menggunakan aturan tanda pemotongan dan letak hasil gambar potongan sesuai
|
pengetahuan faktual,
|
|
konsep dan prosedur gambar
potongan
|
konseptual, prosedural,
|
|
|
dan metakognitif
|
|
|
berdasarkan rasa ingin
|
|
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
tahunya tentang ilmu
|
3.2 Memprediksi penerapan
jenis gambar
|
pengetahuan, teknologi,
|
potongan berdasarkan jenis
potongan
|
seni, budaya, dan
|
sesuai aturan potongan dalam
satu
|
humaniora dalam wawasan
|
bidang, lebih dari satu
bidang, setengah,
|
kemanusiaan,
|
setempat, diputar,
berurutan, dan
|
kebangsaan, kenegaraan,
|
potongan melintang
|
dan peradaban terkait
|
3.3 Mengkonsep penyajian
bidang benda yang
|
penyebab fenomena dan
|
tidak boleh dipotong sesuai
prinsip
|
kejadian dalam bidang
|
gambar teknik
|
kerja yang spesifik untuk
|
3.4 Menggunakan aturan tanda
ukuran dan
|
memecahkan masalah.
|
peletakan ukuran gambar berdasarkan komponen Garis ukuran, Garis bantu ukuran, Batas ukuran, Angka dan simbol ukuran
|
|
3.5 Memprediksi dasar pembuatan ukuran sesuai bagian yang berfungsi dan pandangan utama gambar
|
|
3.6 Mengkonsep sistem pemberian ukuran
berantai, sejajar, kombinasi, berimpit, koordinat, dan ukuran khusus berdasarkan posisi, referensi dan kebutuhan ukuran langkah pengerjaan benda.
|
4.
Mengolah, menalar, dan
|
4.1 Menyajikan gambar
potongan sesuai
|
menyaji dalam ranah
|
tanda pemotongan dan aturan
tata letak
|
konkret dan ranah abstrak
|
hasil gambar potongan.
|
terkait dengan
|
4.2 Menalar penerapan jenis
gambar
|
pengembangan dari yang
|
potongan berdasarkan jenis
potongan
|
dipelajarinya di sekolah
|
sesuai aturan potongan dalam
satu
|
secara mandiri, bertindak
|
bidang, lebih dari satu
bidang, setengah,
|
secara efektif dan kreatif,
|
setempat, diputar,
berurutan, dan
|
dan mampu melaksanakan
|
potongan melintang
|
tugas spesifik di bawah
|
4.3 Menyajikan bidang benda
yang tidak
|
pengawasan langsung.
|
boleh dipotong sesuai prinsip gambar teknik
|
|
4.4 Menyajikan komponen garis ukuran, garis bantu ukuran, batas ukuran, angka dan simbol ukuran sesuai aturan tanda ukuran dan peletakan ukuran gambar teknik.
|
|
4.5 Menalar penerapan dasar pembuatan ukuran sesuai bagian yang berfungsi dan pandangan utama gambar teknik.
|
|
4.6 Mengolah penerapan sistem pemberian ukuran
berantai, sejajar, kombinasi, berimpit,
koordinat, dan ukuran khusus berdasarkan posisi,
referensi dan kebutuhan ukuran langkah
pengerjaan benda.
|
2. Kompetensi Dasar Kelompok
Mata Pelajaran Dasar Bidang Kejuruan Pada Bidang Keahlian Teknologi dan
Rekayasa Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah
Kejuruan
3.1. Kompetensi Dasar Fisika KELAS: X
KOMPETENSI
INTI
|
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3. Menghayati
dan
|
1.1
|
Menambah keimanan dengan
menyadari
|
mengamalkan ajaran
|
|
hubungan keteraturan dan
kompleksitas
|
agama yang dianutnya
|
|
alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
|
|
1.2
|
Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
|
4. Menghayati
dan
|
2.1
|
Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki
|
Mengamalkan perilaku
|
|
rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti;
|
jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli
|
|
cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
|
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktifdan
|
|
peduli lingkungan) dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
|
menunjukan sikap sebagai
|
2.2
|
Menghargai kerja individu
dan kelompok
|
bagian dari solusi atas
|
|
dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud
|
berbagai permasalahan
|
|
implementasi melaksanakan
percobaan
|
dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
|
dan melaporkan hasil
percobaan
|
4. Memahami, menerapkan dan
menganalisis
|
3.1
|
Memahami konsep besaran pokok, besaran turunan, dan satuan.
|
pengetahuan faktual, konseptual,
dan prosedural
|
3.2
3.3 |
Menerapkan prinsip penjumlahan vektor Memahami konsep gerak
benda titik
|
berdasarkan rasa ingin
|
|
melalui besaran-besaran
fisika yang
|
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
|
|
terkait
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
seni, budaya, dan
|
3.4 Menerapkan konsep gerak
lurus dengan
|
humaniora dalam wawasan
|
kecepatan tetap dan gerak
lurus dengan
|
kemanusiaan,
|
percepatan tetap
|
kebangsaan, kenegaraan,
|
3.5 Memahami gerak melingkar
dengan laju
|
dan peradaban terkait
|
tetap dan gerak melingkar
dengan
|
penyebab fenomena dan
|
percepatan sudut tetap
|
kejadian dalam bidang
|
3.6 Menerapkan hukum Newton
dan konsep
|
kerja yang spesifik untuk
|
gaya
|
memecahkan masalah.
|
|
|
3.7 Menerapkan konsep usaha,
energi dan daya
|
|
3.8 Memahami hukum kekekalan
energi
|
|
3.9 Memahami konsep impuls dan hukum kekekalan momentum
|
|
3. 10 Menganalisis gerak
translasi dan rotasi
|
|
3.11 Menerapkan konsep kesetimbangan benda tegar
|
|
3. 12 Menerapkan konsep
elastisitas bahan
|
|
3. 13 Menerapkan hukum Hooke
|
|
3. 14 Menerapkan hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik
|
|
3.15 Menerapkan konsep suhu
dan kalor
|
|
3. 16 Memahami pengaruh kalor
terhadap zat
|
|
3. 17 Memahami sifat–sifat gas ideal dan persamaan
keadaan gas
|
|
4. 18 Menerapkan hukum-hukum termodinamika
|
4.
Mengolah, menalar, dan
|
4.1
Menyajihasilpengukuranbesaranfisismeng
|
menyaji dalam ranah
|
gunakanalatukurdanteknik
yang tepat
|
konkret dan ranah abstrak
|
4.2
Menyajihasilpengamatanterhadapgerakbe
|
terkait dengan
|
ndakedalamgrafik
|
pengembangan dari yang
|
4.3 Menganalisis
|
dipelajarinya di sekolah
|
geraklurusberubahberaturan
|
secara mandiri, dan
|
menggunakan hukum Newton
|
mampu melaksanakan
|
4.4 Menyaji hasil percobaan
menggunakan
|
tugas spesifik di bawah
|
konsep usaha, energidandaya
|
pengawasan langsung.
|
4.5 Menganalisis hubunganimpulsdan
momentum dalamperhitungan |
|
4.6 Menyaji hasil analisis gerak benda berdasarkan konsep translasidanrotasi
|
|
4.7 Memecahkan masalah kesetimbanganbendategar
|
|
4.8 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tumbukan
|
|
4.9 Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menentukan elastisitas bahan
|
|
5. 10 Memecahkan persoalan dalam teknologi dan rekayasa yang berkaitan dengan hukum-hukumfluidastatikdandinamik.
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
4.11 Mengolah hasil penyelidikan yang
berkaitandengansuhudankalor
4. 12 Menyaji hasil penyelidikan mengenai caraperpindahankalor
4.13 Melakukanperhitunganberbagai proses
berdasarkanhukumtermodinamika |
KELAS: XI
KOMPETENSI
INTI
|
|
KOMPETENSI
DASAR
|
4. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena kelistrikan, kemagnetan, optika, dan gelombang
|
|
5. Menghayati
dan
|
2.1
|
Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki
|
mengamalkan perilaku
|
|
rasa ingin tahu; objektif; jujur;
teliti;
|
jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli
|
|
cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
|
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktifdan
|
|
peduli lingkungan) dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
|
menunjukan sikap sebagai
|
2.2
|
Menghargai kerja individu
dan kelompok
|
bagian dari solusi atas
|
|
dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud
|
berbagai permasalahan
|
|
implementasi melaksanakan
percobaan
|
dalam berinteraksi secara
|
|
dan melaporkan hasil
percobaan
|
efektif dengan lingkungan
|
|
|
sosial dan alam serta
|
|
|
dalam menempatkan diri
|
|
|
sebagai cerminan bangsa
|
|
|
dalam pergaulan dunia.
|
|
|
6. Memahami, menerapkan, dan
menganalisis
|
3.1
|
Memahami konsep dan prinsip getaran dan gerak harmonik sederhana
|
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif
|
3.2
3.3 |
Menerapkan konsep dan prinsip energi dalam gerak harmonik sederhana
Memahami konsep dan prinsip–prinsip
|
berdasarkan rasa ingin
|
|
gejala gelombang
|
tahunya tentang ilmu
|
|
|
pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan
|
3.4
|
Menganalisis perbedaan jenis-jenis gelombang
|
humaniora dalam wawasan
|
3.5
|
Memahami konsep listrik
statis
|
kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan,
|
3.6
|
dandinamis
Menerapkan konsep listrik statis
|
dan peradaban terkait
|
3.7
|
Menerapkan hukum kelistrikan
arus
|
penyebab fenomena dan
|
|
searah
|
kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
|
3.8
|
Memahami gejala kemagnetan
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
memecahkan masalah.
|
3.9 Menerapkan hukum-hukum kemagnetan dengan melakukan perhitungan
sederhana
|
|
3.10 Menerapkan hukum kelistrikan arus bolak-balik
|
|
3.11 Menganalisis hubungan
antara tegangan, hambatan, dan kuat arus pada
rangkaian listrik arus searah
|
|
3.12 Menganalisis hubungan antara tegangan, impedansi, dan kuat arus pada listrik bolak-balik
|
|
3.13 Memahami ciri–ciri
cermin dan lensa
|
|
3.14 Menerapkan konsep alat–alat optik dalam teknologi dan rekayasa
|
|
3.15 Memahami konsep radiasi
benda hitam
|
|
3.16 Memahami teori
relativitas khusus
|
|
Einstein dan penerapannya secara kualitatif
|
|
3.17 Memahami gejala-gejala fisis yang
mendorong timbulnya konsep-konsep kuantum secara kualitatif
|
4. Mengolah,
menalar, dan
|
4.1 Menyajikan hasil
penyelidikan fenomena
|
menyaji dalam ranah
|
gelombang (interferensi,
resonansi, efek
|
konkret dan ranah abstrak
|
doppler, dan/atau gelombang
kejut)
|
terkait dengan
|
4.2 Mengolah informasi
yang berkaitan
|
pengembangan dari yang
|
dengan listrik statis dan
dinamis
|
dipelajarinya di sekolah
|
4.3 Memecahkan masalah
teknologi dan
|
secara mandiri, bertindak
|
rekayasa yang berkaitan
dengan daya dan
|
secara efektif dan kreatif,
|
energi listrikarussearah
|
dan mampu melaksanakan
|
|
tugas spesifik di bawah
|
4.4 Merencanakan dan
melaksanakan
|
pengawasan langsung.
|
percobaan yang berkaitan dengan konsep kemagnetan dan
elektromagnet
|
|
4.5 Menyajikan
hasil analisis yang berkaitan
dengan daya dan energi listrikarusbolakbalik
|
|
4.6 Mengolah informasi yang berkaitan dengan hukum pemantulan dan pembiasancahaya
|
|
4.7 Merencanakan pembuatan alat–alat optik sederhana dengan menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada cermin dan lensa
|
|
4.8 Menyajikan gagasan
mengenai konsep fisika modern dan
radioaktivitas dalam teknologi dan rekayasa
|
3.2. Kompetensi Dasar Kimia KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
4. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel
materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia
yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2 Menyadari keteraturan
dalam semua interaksi persenyawaan kimia sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME
1.3 Menyadari keberadaan energi yang tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan oleh manusia sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME
|
5. Menghayati dan Mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktifdan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif)
dalam merancang dan melakukan percobaan serta
berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2 Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
2.3 Menunjukkan perilaku responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
6. Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3.1 Memahami peran kimia dalam kehidupan
3.2 Menganalisis struktur atom berdasarkan model atom Bohr dan teori atom modern
3.3 Menganalisis hubungan konfigurasi elektron untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik
3.4 Memahami proses pembentukan ikatan
ion, ikatan kovalen,dan ikatan logam serta interaksi antar partikel (atom, ion, molekul) materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi.
3.5 Menganalisis sifat
larutan elektrolit dan larutan non-elektrolit
berdasarkan daya hantar listriknya.
3.6 menganalisis perkembangan konsep reaksi oksidasi- reduksi serta
menentukan bilangan oksidasi atom dalam molekul atau ion.
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
3.7 Menerapkan aturan IUPAC
untuk penamaan senyawa anorganik dan organik sederhana.
|
|
3.8 Menerapkan konsep massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.
|
|
3.9 Memahami gejala atau proses yang terjadi dalam contoh sel volta yang digunakan dalam kehidupan.
|
|
5. 10 Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi dan mengajukan ide/gagasan untuk mengatasinya.
|
|
3.11 Memahami gejala atau proses yang terjadi dalam contoh sel elektrolisis yang digunakan dalam kehidupan.
|
4.
Mengolah, menalar, dan
|
4.1 Mengevaluasi berbagai
peran kimia
|
menyaji dalam ranah
|
dalam kehidupan.
|
konkret dan ranah abstrak
|
4.2 Menalar terjadinya
kasus-kasus
|
terkait dengan
|
pembentukan senyawa dengan
|
pengembangan dari yang
|
menggunakan konsep atom
|
dipelajarinya di sekolah
|
4.3 Mengevaluasi hubungan
konfigurasi
|
secara mandiri, dan
|
elektron dengan letak unsur
dalam tabel
|
mampu melaksanakan
|
periodik
|
tugas spesifik di bawah
|
4.4 Mengklasifikasi ikatan
kimia dan ikatan
|
pengawasan langsung.
|
ion berdasarkan sifat fisis senyawa, dan proses
pembentukannya
|
|
4.5 Membuktikan sifat-sifat larutan elektrolit dan larutan non elektrolit
|
|
4.6 Membuktikan peristiwa reaksi reduksi
oksidasi
|
|
4.7 Menalar aturan IUPAC untuk penamaan senyawa anorganik dan organik
sederhana.
|
|
4.8 Mengolah data terkait
konsep massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum
dasar kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.
|
|
4.9 Menggunakan sel volta untuk memecahkan kasus-kasus kehidupan.
|
|
6. 10 Membuktikan proses terjadinya korosi untuk mengatasi masalah korosi
|
|
4.11 Membuktikan proses terjadinya sel elektrolisis.
|
KELAS: XI
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
4. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menyadari adanya keteraturan dari sifat
hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan, koloid, senyawa karbon dan polimer sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif
manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2 Mensyukuri kekayaan alam Indonesia berupa minyak bumi, batubara dan gas alam sebagai anugerah Tuhan YME dan dapat digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
|
5. Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktifdan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis,
kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2 Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli
lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3 Menunjukkan perilaku responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
6. Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja
yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3.1 Menganalisis struktur
dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan
kekhasan atom karbon dan penggolongan
senyawanya
3.2 Memahami proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya
3.3 Memahami dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara
mengatasinya.
3.4 Membedakan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm berdasarkan hasil percobaan dan diagram tingkat energi.
3.5 Memahami AH reaksi berdasarkan hukum Hess
3.6 Memahami teori tumbukan (tabrakan)
untuk menjelaskan reaksi kimia.
3.7 Menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi |
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
3.8 Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan yang diterapkan dalam industri.
|
|
3.9 Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam basa dan/atau pH larutan.
|
|
3. 10 Menganalisis peran koloid dalam
kehidupan berdasarkan
sifat-sifatnya
|
|
3.11 Menganalisis struktur, tata nama, sifat
dan kegunaan senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat)
|
|
3. 12 Menganalisis struktur, tata nama, sifat dan penggolongan polimer
|
4.
Mengolah, menalar, dan
|
4.1 Mengklasifikasi senyawa
hidrokarbon
|
menyaji dalam ranah
|
berdasarkan struktur, sifat
senyawa , dan
|
konkret dan ranah abstrak
|
kekhasan atom karbon
|
terkait dengan
|
4.2 Membuktikan proses
pembentukan dan
|
pengembangan dari yang
|
pemisahan fraksi-fraksi
minyak
|
dipelajarinya di sekolah
|
4.3 Menyusun rencana
penyehatan
|
secara mandiri, bertindak
|
lingkungan akibat pembakaran
senyawa
|
secara efektif dan kreatif,
|
hidrokarbon di suatu daerah
|
dan mampu melaksanakan
|
|
tugas spesifik di bawah
|
4.4 Membuktikan proses
terjadinya reaksi
|
pengawasan langsung.
|
eksoterm dan reaksi endoterm
|
|
4.5 Menggunakan Hukum Hess untuk
menghitung AH suatu reaksi |
|
4.6 Mengevaluasi terjadinya reaksi kimia dengan menggunakan teori tumbukan
|
|
(tabrakan)
|
|
4.7 Membuktikan proses laju reaksi dari berbagai factor yang mempengaruhinya
|
|
4.8 Membuktikan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan yang diterapkan dalam industri.
|
|
4.9 Mengukur derajat
keasaman larutan
|
|
4.10 Membuat larutan koloid
|
|
4.11 Mengklasifikasi
berbagai senyawa karbon
|
|
(halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat) berdasarkan sifat-sifatnya
|
|
4.12 Memilih bahan polimer berdasarkan sifat-sifatnya.
|
3.3. Kompetensi Dasar Gambar Teknik KELAS: X
KOMPETENSI
INTI
|
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3. Menghayati
dan
|
1.1
|
Menyadari sempurnanya konsep
Tuhan
|
mengamalkan ajaran
|
|
tentang benda-benda dengan
|
agama yang dianutnya
|
|
fenomenanya untuk dipergunakan
sebagai aturan garis-garis
gambar teknik dan cara proyeksi untuk menggambarkan benda
|
|
1.2
|
Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam pembuatan gambar konstruksi geometris dan gambar proyeksi untuk menggambarkan benda
|
4. Menghayati dan Mengamalkan
perilaku
|
2.1
|
Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan
|
jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli
|
|
tanggung jawab dalam menerapkan aturan garis gambar dalam tugas
|
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktifdan menunjukan sikap sebagai
|
2.2
|
menggambar konstruksi garis dan gambar proyeksi
Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis,
dalam
|
bagian dari solusi atas
|
|
menyelesaikan masalah
perbedaan
|
berbagai permasalahan
|
|
konsep berpikir dan cara
menggambar
|
dalam berinteraksi secara
|
|
konstruksi geometris dan
gambar
|
efektif dengan lingkungan
|
|
proyeksi
|
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
|
2.3
|
Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif
|
cerminan bangsa dalam
|
|
dengan lingkungan sosial
sebagai bagian
|
pergaulan dunia.
|
|
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam melakukan tugas menggambar konstruksi geometris dan gambar proyeksi
|
5. Memahami,
menerapkan
|
3.1
|
Memilih peralatan dan
kelengkapan
|
dan menganalisis
|
|
gambar teknik berdasarkan
fungsi dan
|
pengetahuan faktual, konseptual,
dan prosedural
|
3.2
|
cara penggunaan
Membedakan garis-garis gambar teknik
|
berdasarkan rasa ingin
|
|
berdasarkan bentuk dan
fungsi garis
|
tahunya tentang ilmu
|
3.3
|
Mengklarifikasi huruf, angka
dan etiket
|
pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan
|
|
gambar teknik sesuai prosedur dan aturan penerapan
|
humaniora dalam wawasan
|
3.4
|
Mengelompokkan gambar
konstruksi
|
kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban |
|
geometris berdasarkan bentuk konstruksi sesuai prosedur
|
terkait penyebab fenomena
|
3.5
|
Mengintegrasikan persyaratan
gambar
|
dan kejadian dalam bidang
|
|
proyeksi piktorial (3D)
berdasarkan
|
kerja yang spesifik untuk
|
|
aturan gambar proyeksi
|
memecahkan masalah.
|
3.6
|
Mengintegrasikan persyaratan gambar proyeksi orthogonal (2D) berdasarkan aturan gambar proyeksi
|
6. Mengolah,
menalar, dan
|
4.1
|
Menggunakan peralatan dan
kelengkapan
|
menyaji dalam ranah
|
|
gambar teknik sesuai fungsi dan prosedur penggunaan
|
KOMPETENSI
INTI
|
|
KOMPETENSI
DASAR
|
konkret dan ranah abstrak
|
4.2
|
Menyajikan garis-garis
gambar teknik
|
terkait dengan
|
|
sesuai bentuk dan fungsi
garis
|
pengembangan dari yang
|
4.3
|
Merancang huruf, angka dan
etiket
|
dipelajarinya di sekolah
|
|
gambar teknik sesuai
prosedur dan
|
secara mandiri, dan
|
|
aturan penerapan
|
mampu melaksanakan
|
4.4
|
Menyajikan gambar konstruksi
geometris
|
tugas spesifik di bawah
|
|
berdasarkan bentuk
konstruksi sesuai
|
pengawasan langsung.
|
|
prosedur
|
|
4.5
|
Menyajikan gambar benda 3D secara gambar sketsa dan gambar rapi, sesuai aturan proyeksi piktorial
|
|
4.6
|
Menyajikan gambar benda 2D secara gambar sketsa dan gambar rapi, sesuai aturan proyeksi orthogonal
|
KELAS: XI
KOMPETENSI
INTI
|
|
KOMPETENSI
DASAR
|
4.
Menghayati dan
|
1.1
|
Menyadari sempurnanya konsep
Tuhan
|
mengamalkan ajaran
|
|
tentang benda-benda dengan
|
agama yang dianutnya
|
|
fenomenanya untuk dipergunakan sebagai aturan pemotongan
gambar benda teknik dan penempatan ukuran pada gambar teknik.
|
|
1.2
|
Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam pembuatan gambar potongan dan
penempatan ukuran benda pada gambar teknik .
|
5. Menghayati dan mengamalkan
perilaku
|
2.1
|
Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan
|
jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli
|
|
tanggung jawab dalam menerapkan aturan pemotongan dan penempatan
|
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktifdan
|
2.2
|
ukuran dalam gambar teknik
Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam
|
menunjukan sikap sebagai
|
|
menyelesaikan masalah
perbedaan
|
bagian dari solusi atas
|
|
konsep berpikir dan cara
melakukan
|
berbagai permasalahan
|
|
pemotongan dan penempatan
ukuran
|
dalam berinteraksi secara
|
|
dalam gambar teknik .
|
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
|
2.3
|
Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif
|
dalam menempatkan diri
|
|
dengan lingkungan sosial
sebagai bagian
|
sebagai cerminan bangsa
|
|
dari solusi atas berbagai
permasalahan
|
dalam pergaulan dunia.
|
|
dalam melakukan tugas menggambar potongan dan penempatan ukuran pada gambar teknik.
|
6. Memahami, menerapkan, dan
menganalisis
|
3.1
|
Menggunakan aturan tanda pemotongan dan letak hasil gambar potongan sesuai
|
pengetahuan faktual,
|
|
konsep dan prosedur gambar
potongan
|
konseptual, prosedural,
|
|
|
dan metakognitif
|
|
|
berdasarkan rasa ingin
|
|
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
tahunya tentang ilmu
|
3.2 Memprediksi penerapan
jenis gambar
|
pengetahuan, teknologi,
|
potongan berdasarkan jenis
potongan
|
seni, budaya, dan
|
sesuai aturan potongan dalam
satu
|
humaniora dalam wawasan
|
bidang, lebih dari satu
bidang, setengah,
|
kemanusiaan,
|
setempat, diputar,
berurutan, dan
|
kebangsaan, kenegaraan,
|
potongan melintang
|
dan peradaban terkait
|
3.3 Mengkonsep penyajian
bidang benda yang
|
penyebab fenomena dan
|
tidak boleh dipotong sesuai
prinsip
|
kejadian dalam bidang
|
gambar teknik
|
kerja yang spesifik untuk
|
3.4 Menggunakan aturan tanda
ukuran dan
|
memecahkan masalah.
|
peletakan ukuran gambar berdasarkan komponen Garis ukuran, Garis bantu ukuran, Batas ukuran, Angka dan simbol ukuran
|
|
3.5 Memprediksi dasar pembuatan ukuran sesuai bagian yang berfungsi dan pandangan utama gambar
|
|
3.6 Mengkonsep sistem pemberian ukuran
berantai, sejajar, kombinasi, berimpit, koordinat, dan ukuran khusus berdasarkan posisi, referensi dan kebutuhan ukuran langkah pengerjaan benda.
|
4.
Mengolah, menalar, dan
|
4.1 Menyajikan gambar
potongan sesuai
|
menyaji dalam ranah
|
tanda pemotongan dan aturan
tata letak
|
konkret dan ranah abstrak
|
hasil gambar potongan.
|
terkait dengan
|
4.2 Menalar penerapan jenis
gambar
|
pengembangan dari yang
|
potongan berdasarkan jenis
potongan
|
dipelajarinya di sekolah
|
sesuai aturan potongan dalam
satu
|
secara mandiri, bertindak
|
bidang, lebih dari satu
bidang, setengah,
|
secara efektif dan kreatif,
|
setempat, diputar,
berurutan, dan
|
dan mampu melaksanakan
|
potongan melintang
|
tugas spesifik di bawah
|
4.3 Menyajikan bidang benda
yang tidak
|
pengawasan langsung.
|
boleh dipotong sesuai prinsip gambar teknik
|
|
4.4 Menyajikan komponen garis ukuran, garis bantu ukuran, batas ukuran, angka dan simbol ukuran sesuai aturan tanda ukuran dan peletakan ukuran gambar teknik.
|
|
4.5 Menalar penerapan dasar pembuatan ukuran sesuai bagian yang berfungsi dan pandangan utama gambar teknik.
|
|
4.6 Mengolah penerapan sistem pemberian ukuran
berantai, sejajar, kombinasi, berimpit,
koordinat, dan ukuran khusus berdasarkan posisi,
referensi dan kebutuhan ukuran langkah
pengerjaan benda.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar